Tutorial Membuat Time Picker Custom pada Android Studio

Tutorial Membuat Time Picker Custom pada Android Studio

Tutorial Membuat Time Picker Custom – Hello guys, hello sobat androidays.com yang semoga selalu dalam keadaan sehat, aman, dilindungi dari segala macam bahaya dan penyakit serta selalu diberikan kemudahan rezeki. sobat setia androidays.com, kali ini admin akan membahas “Tutorial Membuat Time Picker Custom pada Android Studio“. Bagi teman-teman yang sudah sering membuat aplikasi jadwal atau aplikasi pengingat pada smartphone mungkin sudah sering pakai Time Picker. Namun bagi teman-teman yang baru pernah dengar tentang meteri ini, tenang saja, ikuti materi ini. Pada materi ini akan membahas tentang Time Picker, sekaligus cara custom agar bisa disesuaikan dengan kebutahan juga hehe. Mari kita simak materi berikut.

Apa itu Time Picker?

Android menyediakan kontrol bagi pengguna untuk memilih waktu sebagai dialog yang siap digunakan. Setiap pemilih menyediakan kontrol untuk memilih setiap bagian waktu (jam, menit, AM / PM). Menggunakan pemilih ini membantu memastikan bahwa pengguna Anda dapat memilih waktu yang valid, diformat dengan benar, dan disesuaikan dengan lokal pengguna. Time Picker dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan waktu saat ini atau pun setting ke waktu tertentu sesuai kebutuhan. Dalam penggunaannya, Time Picker akan memanfaatkan Dialog sebagai media penampilannya. Oleh karena itu https://developer.android.com menyarankan untuk menggunakan DialogFragment. Namun pada tutorial kali ini kita tidak memanfaatkan kelas DialogFragment, namun langsung menggunakan Alert Dialog Build. Akan tetapi hal tersebut akan tetap menghasilkan output yang sama dan hanya memanfaatkan satu kelas saja yaitu di MainActivity.kt. Pelajari selenhkapanya Time Picker dan Picker.

Original Time Picker
Original Time Picker

 

Tutorial Membuat Time Picker Custom

Pertama, untuk memulai setiap proyek baru tentu kita harus membuat New Project. Buat project baru di Android Studio File ⇒ New Project. Kemudian pilih Empty Activity dan melanjutkannya hingga selesai.

Pada activity_main.xml kita buat tampilan untuk menampilakan waktu yang kita ambil dari dialog time picker.

Kemudian buatlah layout time_picker_dialog.xml untuk menampilkan time picker sekaligus membuat tampilan secara custom (menyesuaikan kebutuhan).

* Untuk membuat dialog sesuai kebutuhan/keinginan kita nanti kita akan menambahkan style, color dan bantuan dari drawable untuk membuat background dari tampilan
dialog.

Buat dialog_round.xml pada folder drawable untuk disetting pada background tampilan time_picker_dialog.xml.

Tambahkan style pada sty untuk setting tampilan warna background, teks, analog waktu, selektor atau pun yang lainnya.

Sebaiknya untuk warna yang akan kita gunakan juga dimasukkan ke file colors.xml, begitupun dalam penggunaan string sudah tersedia file strings.xml.

colors.xml

Strings.xml

Panggil semua tampilan yang sudah kita buat di kelas MainActivity.kt, seperti berikut.

Jika sudah coba run aplikasi dan outputnya sebagai berikut. Untuk proyek selengkapnya bisa kunjungi GITHUB.

Time Show Tutorial Membuat Time Picker Custom

 

Artikel Menarik Lainnya
Mengaktifkan USB Debugging dan Menampilkan Menu Developer Options pada AndroidTools Untuk Membuat Aplikasi Android menggunakan Java atau Kotlin
5 Cara Cek Nomor Smartfren Paling Cepat dan Mudah
Aplikasi Al-Qur’an Terbaik

Kesimpulan dan Penutup

Time Picker adalah kontrol yang disediakan oleh Android untuk memilih waktu dan merupakan sebuah dialog yang siap untuk digunakan. Saran terbaik memang menggunakan DialogFragment, namun dalam praktik ada banyak cara yang dapat kita lakukan sesuai kebutuhan. So, mungkin cukup sekian yang dapat kami sampaikan tentang materi “Tutorial Membuat Time Picker Custom pada Android Studio“. Mungkin banyak lagi cara dan tutorial yang memiliki cara yang berbeda. Namun, apapun itu seberapapun ilmu yang ada tetaplah berbagi, karena bisa saja yang terlihat kecilpun dapat memberi manfaat yang besar bagi sebagian yang lain. Tetap pantau androidays.com dan see you….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *