Tools Membuat Aplikasi Android menggunakan Java atau Kotlin

Tools Untuk Membuat Aplikasi Android

Tools Membuat Aplikasi Android – Hello, sobat androidays.com, kembali lagi dengan pembahasan dunia programming. Semoga anda-anda yang senantiasa membaca dan menggali ilmu di website ini selalu diberikan perlindungan dan keamanan serta kesehatan oleh Allah Subhanahuwata’ala. Oke, guys pada materi kali ini kita akan membahas beberapa tools yang dapat kalian gunakan untuk ngoding/menulis kode dalam pembuatan aplikasi android menggunakan Java atau Kotlin. Tools atau aplikasi yang digunakan oleh para pemrogram dalam mengembangkan aplikasi ini biasanya disebut IDE (Integrated Development Environment). IDE yang biasanya kita gunakan salah satunya Android Studio, so mari untuk membahas lebih lanjut kita simak materi yang berjudul Tools Untuk Membuat Aplikasi Android menggunakan Java atau Kotlin berikut ini.

Pengertian Integrated Development Environment(IDE)

IDE adalah program pada komputer yang memiliki beberapa tools dan fasilitas yang kemudian dapat digunakan dalam pembangunan perangkat lunak. IDE dibuat untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Seorang programmer harusnya tidak asing dengan teknologi IDE tersebut. IDE sangat membantu pengembangan aplikasi yang dikerjakan oleh pemrogram. IDE atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas seperti :

  • Editor, memiliki fungsi untuk menuliskan kode atau fungsi-fungsi yang ditulis oleh programmer yang dapat diterjemahkan oleh mesin komputer sebagai kode programming.
  • Compiler, memiliki fungsi untuk menjalankan bentuk kode program yang di tuliskan di Editor dan mengubah dalam bentuk binary yang kemudian ditampilkan sesuai
    perintah-perintah kode mesin.
  • Debuger, berfungsi untuk mengecek dan mengetes jalannya kode program untuk mencari/mendebug kesalahan dari program, agar programmer mudah dalam menganalisis error yang terjadi baikkesalahan penulisan maupun kesalahan logika.
  • Frame/Views, dugunakan untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program yang dieksekusikan oleh Compiler dari Editor.

Dalam dunia programming terdapat beberapa IDE atau Lingkungan Pengembangan Terpadu yang saat ini sangat populer dan sangat mendukung developer untuk mengembangkan perangkat lunak untuk beberapa platform (iOs Apps, Android Apps, Desktop Apps, Web Apps). Dalam dunia pengembangan aplikasi android kita sering menjumpai beberapa IDE seperti, Eclipse IDE, Android Studio IDE, Intelijs IDE. Untuk pengembangan iOs Apps IDE yang digunkan diantaranya Xammarin atau Visual Studio Code. Untuk pengembangan aplikasi Desktop ada diantaranya Netbeans IDE.

IDE untuk pengembangan aplikasi berbasis Android

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas dan mengenalkan IDE untuk pengembangan aplikasi berbasis Android Mobile Phone. Materi ini dipersiapkan sebagai pendukung materi Cara Belajar Membuat Aplikasi Android. Oke seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya bahwa untuk mengembangkan aplikasi android kita memerlukan IDE sebagai tools yang akan sangat membantu dalam proses pengembangan. Beberapa IDE yang disediakan sebetulnya tergantung bahasa pemrograman apa yang ingin kita gunakan. Misal kita mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa Kotlin atau Java maka Android Studio dan IntelliJ IDEA. Adapun IDE untuk android namun sekaligus dapat dibuild di iOs yaitu kita bisa menggunakan Visual Studio IDE dengan bahasa pemrograman Dart. Untuk hal ini Android Studio pun bisa dimanfaatkan. Baik, untuk mengenal lebih dalam IDE-IDE tersebut, kita juga akan mengulasnya satu-satu, lets go!!

1. Eclipse

eclipse
eclipse

Eclipse sendiri adalah sebuah software IDE (Integrated Development Environment) yang merupakan salah satu tools untuk membuat aplikasi android , dimana maksud dari IDE sendiri adalah software yang bukan hanya seperti teks editor melainkan juga  berisi dengan tool-tool yang dapat memudahkan kita untuk mengembangkan aplikasi/software berdasarkan jenis pemrogramannya. Eclipse sendiri fokus pada pengembangan aplikasi berbasis Java, hal ini membuat kita dapat menggunakan Eclipse sebagai alat kita untuk mengembangkan aplikasi Android karena aplikasi android sendiri menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya. Android Development Tools (ADT) adalah sebuah plugin untuk Eclipse IDE yang dirancang untuk memberi Anda lingkungan yang kuat dan terintegrasi untuk membangun aplikasi Android.

ADT memperluas kemampuan Eclipse untuk memungkinkan Anda dengan cepat mengatur proyek Android baru, membuat UI aplikasi, menambahkan paket berdasarkan Android Framework API, men-debug aplikasi Anda menggunakan alat Android SDK, dan bahkan mengekspor file .apk yang ditandatangani (atau tidak ditandatangani) .apk untuk mendistribusikan aplikasi Anda. Berkembang di Eclipse dengan ADT sangat dianjurkan dan merupakan cara tercepat untuk memulai. Dengan pengaturan proyek yang dipandu yang disediakannya, serta integrasi alat, editor XML khusus, dan panel keluaran debug, ADT memberi Anda dorongan luar biasa dalam mengembangkan aplikasi Android.

Dokumen ini memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara mengunduh plugin ADT dan menginstalnya ke lingkungan pengembangan Eclipse Anda. Perhatikan bahwa sebelum Anda dapat menginstal atau menggunakan ADT, Anda harus memiliki versi Eclipse IDE dan Android SDK yang kompatibel. Untuk detailnya, pastikan untuk membaca Menginstal Plugin Eclipse. Jika Anda sudah menggunakan ADT, dokumen ini juga memberikan petunjuk tentang cara memperbarui ADT ke versi terbaru atau cara menghapusnya, jika perlu. Untuk informasi tentang fitur yang disediakan oleh plugin ADT, seperti fitur editor kode, integrasi alat SDK, dan editor tata letak grafis (untuk mengedit tata letak seret-dan-jatuhkan), lihat dokumen Alat Pengembang Android (source).

2. Android Studio

Tools Untuk Membuat Aplikasi
Tools Untuk Membuat Aplikasi

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu (Integrated Development Environment/IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android, yang didasarkan pada IntelliJ IDEA. Selain sebagai editor kode dan fitur developer IntelliJ yang memiliki dilengkapi settingan-settingan handal, Android Studio juga memiliki berbagai fitur yang meningkatkan produktivitas Anda sebagai salah satu tools untuk membuat aplikasi android serta mempermudah anda dalam proses pengmbangan yang membutuhkan waktu cepat, seperti:

  • Sistem build berbasis Gradle yang fleksibel
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur
  • Lingkungan terpadu tempat Anda bisa mengembangkan aplikasi untuk semua perangkat Android
  • Terapkan Perubahan untuk melakukan push pada perubahan kode dan resource ke aplikasi yang sedang berjalan tanpa memulai ulang aplikasi
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membantu Anda membuat fitur aplikasi umum dan mengimpor kode sampel
  • Framework dan fitur pengujian yang lengkap
  • Fitur lint untuk merekam performa, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya
  • Dukungan C++ dan NDK
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, yang memudahkan integrasi Google Cloud Messaging dan App Engine. (source)

Sebelum Google menjadikan Android Studio sebagai IDE resmi untuk mengembangkan aplikasi Android, Eclipse merupakan IDE resmi yang didukung oleh google melalui plugin Android Development Tools (ADT). Semenjak IntelliJ IDEA dipilih sebagai IDE resmi untuk dijadikan Android Studio, Google
telah menghentikan pengembangan ADT di Eclipse pada tahun 2015. Sehingga Android Studio telah menggantikan ADT Eclipse sebagai IDE nomor satu yang didukung oleh Google. Android Studio kini telah membuktikan bahwa kemudahan yang diberikan telah membuat para programmer merasa nyaman. Android Studio terus melakukan update untuk meminimalisir error yang terjadi pada IDE seperti yang pernah dijumpai di Eclipse.

3. IntelliJ IDEA

Membuat Aplikasi Android
Membuat Aplikasi Android

IntelliJ IDEA, sebuah IDE yang dikembangkan oleh Jetbrains. IntelliJ IDEA tersedia dalam 2 (dua) versi, yaitu versi Community Edition dengan lisensi Apache 2 Licensed yang bisa kita gunakan secara gratis dan versi Ultimate Edition untuk penggunaan komersial. IDE yang ditulis dengan Java dan Kotlin ini dirilis versi pertamanya pada januari 2011, dan langsung menjadi IDE pertama untuk pengembangan aplikasi berbasis Java. Ia mendukung navigasi kode tingkat lanjut dan kemampuan refactoring yang saling terintegrasi.

Pada umumnya, sebuah IDE menyediakan beberapa fitur seperti text editor yang akan kita gunakan untuk menulis kode, tools untuk mengotomatisasi proses build dari program yang kita buat dan juga debugger yang akan membantu kita mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang terdapat pada program. Berikut adalah beberapa fitur mumpuni yang dimikiki oleh Intelij IDEA :

  • Intelegent Code Editor,IntelliJ IDEA memiliki editor yang digunakan untuk mendukung berbagai macam code completion, dimana fitur tersebut dapat memudahkan Anda dalam menuliskan kode secara cepat. Editor mampu memberi arahan kepada pemrogram terhadap penyelesaian pengetikan kode program. Editor akan menampilkan pilihan perintah/kata sesuai huruf yang Anda ketik. Selain itu editor mampu menyarankan syntax program yang tergolong kode bersih (clean code) sehingga membantu pemrogram membuat kode yang rapi dan mudah dibaca.
  • Build tools, Build tools adalah perangkat lunak yang digunakan dalam membantu melakukan proses yang dialkukan secara otomatis misalkan pemaketan dari proyek yang akan di kembangkan, pengembangan secara tingkat lanjut, serta menjalankan test. IntelliJ IDEA dapat mendukung lebih satu build tools yaitu, Gulp, Webpack, Grunt,Ant, Maven, SBT, Gradle, NPM, serta build tools yang lainnya yang sudah saling terintegrasi dengan baik.
  • Decompiler, IntelliJ IDEA dapat secara langsung melihat apa yang terdapat dalam sebuah library dengan tidak harus mempunyai kode dari sumberny. Hal tersebut karena IntelliJ IDEA memiliki sebuah decompiler default yang digunakan untuk Java Classes.
Artikel Menarik Lainnya
Game Bus Simulator Android Terbaik 2020: Online & OfflineAplikasi Muslim Terbaik Di Android Dan IOS 2020
Game Balap Motor Android Gratis Terbaik 2020Aplikasi Al-Qur’an Terbaik

Kesimpulan

Oke, guys. Mungkin masih banyak lagi IDE-IDE yang gak kalah mumpuni dan keren dari IDE diatas. Sebagai seorang yang menekuni dunia programming tidak ada salahnya kita mempelajari banyak IDE, bahasa pemrograman atau pun metode algoritma canggih dalam pengembangan aplikasi. Namun jika kita adalah seorang pemula, saya sarankan untuk fokus pada satu bahasa pemrograman kemudian dalami bahasa tersebut dan segala yang berkaitan seperti tools, service ataupun teknologi-teknologi yang terintegrasi.

Sekian untuk pembahasan materi tentang Tools Untuk Membuat Aplikasi Android, jangan lupa ikuti terus materi-materi seputar dunia teknologi di androidays.com. See you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *