Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Hp Android

Mengaktifkan USB Debugging Aktif Cover

Cara Mengaktifkan USB Debugging – Hello guys, hello sobat androidays.com yang semoga selalu dalam keadaan sehat, aman, dilindungi dari segala macam bahaya dan penyakit serta selalu diberikan kemudahan rezeki. Kali ini admin akan berbagi ilmu tentang Cara Mengaktifkan USB Debugging dan pada Hp Android. Oke, ada yang pernah mendengar istilah USB Debugging pada Android? hmmm, ya mungkin bagi kalian yang sering oprek-oprek android atau bagi seorang developer android maka hal ini sudah familiar. Tapi mungkin bagi seorang pengguna biasa yang menggunakan smartphone android hanya untuk kepentingan komunikasi, nge-game atau hanya untuk berselancar di sosial media maka ini adalah hal yang awam. Nah, tapi jangan khawatir bagi kalian yang masih awam tentang USB Debugging pada android.  Simak materi berikut ini, InsyaAllah akan menambah ilmu dan wawasan anda seputar USB Debugging.

Apa itu USB Debugging?

USB debugging merupakan opsi debugging yang dapat diakses menggunakan fungsi USB pada Android dan PC. USB debugging menjadi penghubung antara perangkat Android dan PC. Para pengembang aplikasi Android biasanya memanfaatkan ini sebagai piranti untuk melakukan ujicoba terhadap software dengan menggunakan Android SDK (Software Development Kit). Android developer akan mudah mengetahui jika terjadi erorr pada software yang mereka kembangkan, sehingga dapat melakukan optimasi hingga software dikatakan berjalan dengan baik tanpa ada erorr. Selain itu juga dapat dimanfaatkan pengguna Android untuk membantu tugas-tugas seperti menginstal custom recovery, melakukan root, menginstal custom ROM, dan masih banyak lagi.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Sebenarnya cara untuk mengaktifkan USB Debugging pada beberapa smartphone Android hampir semuanya memiliki cara yang sama. Mungkin hanya ada beberapa perbedaan langkah di beberapa smartphone tertentu. Admin akan memberikan sebuah tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan pada Hp Android dengan device Xiomi MIA1. Silahakan bagi kalian yang memiliki device berbeda tetap bisa mengikuti, namun tetap disesuaikan jika ada sedikit perbedaan.
1. Masuk ke Setting/Setelan

setting

3. Klik sub menu About/Tentang Ponsel

sistemS

4. Gulir ke bagian “Build Number” dan klik sebanyak 10 kali

abouts

5. Kemudian tekan kembali, maka akan muncul opsi developer pada menu sistem

sistem opsi developers

6. Klik sub menu Opsi Developer
7. Kemudian gulir layar hingga menemukan menu Debugging USB dan aktifkan dengan menekan tombol disebelah kanan

Mengaktifkan USB Debugging

8. Klik “OKE” jika muncul dialog konfirmasi seperti berikut

Mengaktifkan USB Debugging Dialog

9. USB Debugging telah aktif.

Mengaktifkan USB Debugging Aktif

Kesimpulan

Mode opsi developer sebenarnya disembunyikan dengan tujuan bukan untuk dinikmati semua pengguna. Hanya pengguna-pengguna yang memiliki kebutuhan saja yang disarankan untuk mengaktifkan menu tersebut, seperti para pengembang software aplikasi untuk android. Nah bagi kalian yang tidak memiliki kepentingan developer lebih baik tidak perlu mengaktifkan mede opsi pengembang karena hal tersebut dapat membuka celah keamanan dimana pihak ketiga bisa mengakses lebih jauh ke sistem Android anda. Mereka bisa menginstal malware, menyadap, atau mencuri data-data penting.

Artikel Menarik Lainnya
Game Modifikasi Mobil TerbaikAplikasi Belajar Bahasa Inggris
Cara Blokir Situs Di Google Chrome AndroidMengenal Linear Layout pada Android Studio

Penutup

Sekian untuk pembahasan materi tentang Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Hp Android, jika ada salah dan kurangnya admin juga masih belajar dan terus belajar. So, jika ingin mendapat info tentang dunia teknologi tetap simak artikel-artikel menarik hanya di androidays.com. See you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *