Macam-macam Bahasa Pemrograman yang Populer di Kalangan Developer

Macam-macam Bahasa Pemrograman

Macam-macam Bahasa Pemrograman – Hello sobat androidays.com dimanapun anda berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dimudahkan rezekinya serta dilindungi dari segala macam bahaya yang mengancam keselamatan jiwa dam raga. Sobat, pernahakah mendengar bahasa pemrograman? ya, bagi developer pasti ini sudah sangat familiar dan merupakan makanan empuk yang selelu dikonsumsi setiap kali melakukan pengembangan aplikasi. Namun mungkin ada beberapa dari anda yang penasaran sebenarnya apa si bahasa pemrograman itu. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian bahasa pemrograman serta membahas macam-macam bahasa pemrograman yang paling populer dikalangan developer. Oke, simak terus artikel ini hingga usai.

Mengenal Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah suatu himpunan dari sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Dalam arti kata lain sebenarnya bahasa pemrograman adalah membantu programmer untuk memerintahkan komputer untuk mengelola data sesuai keinginan dan pemikiran programmer. Programmer dapat memberikan perintah seperti menampilkan data, menambahkan data, memperbaharui data atau menghapus data dari tempat penyimpanan data. Bahasa pemrograman juga dapat membuat aplikasi yang kita buat berjalan dan memiliki alur yang sesuai dengan kehidpuan nyata.

Di seluruh dunia kita dapat menemukan banyak sekali bahasa pemrograman dengan spesifikasi dan tujuannya masing-masing. Beberapa bahasa pemrograman dibuat  khusus untuk membuat aplikasi web, ada juga untuk aplikasi mobile, aplikasi game atau bahkan aplikasi multiplatform. Setiap bahasa pemrograman sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu menerjemahkan bahasa kita agar dapat memerintahkan komputer. Namun, pastinya beda bahasa beda juga cara penulisan sintaks dan
tools yang digunakan untuk mengcompilenya menjadi aplikasi yang utuh. Sehingga apapun bahasa pemrograman yang akan anda gunakan asalkan anda sudah memahami logika dasar dan algoritma maka ini akan sangat membantu anda dalam mempelajari bahasa pemrograman apapun. Pada umumnya walaupun banyak macam-macam bahasa pemrograman, programmer hanya mempelajari 1 atau 2 bahasa saja untuk membuat aplikasi atau program yang dapat diimplementasikan.

Macam-macam Bahasa Pemrograman yang Populer di Kalangan Developer

Dikutip dari PYPL (PopularitY of Programming Language Index) Oct 2020, saat ini anda dapat melihat urutan bahasa terpopuler yang dapat menjadi referensi anda dalam memilih bahasa mana yang akan dipelajari. Pemeringkatan dari PYPL PopularitY of Programming Language Index dibuat dengan menganalisis seberapa sering tutorial bahasa dicari di Google. Semakin banyak tutorial bahasa dicari, diasumsikan semakin populer bahasa tersebut. Ini adalah indikator utama. Data mentah berasal dari Google Trends. Nah, setelah anda melihat peringkat macam-macam bahasa pemrograman terpopuler saat ini, namun admin akan mengenalkan 16 macam bahasa pemrograman yang saat ini masih populer maupun sedang naik daun. Perlu diketahui index peringkat dapat berubah-ubah setiap waktu tergantung dari tingkat popularitas bahasa tersebut.

Daftar Bahasa Pemrograman dan Penjelasannya

1. C

bahasa c 1

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer tertua diantara macam-macam bahasa pemrograman lainnya. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Pada awalnya bahasa C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Akan tetapi, bahasa C tidak menutup kemungkinan dapat digunakan dalam pengambangan software aplikasi. Bahasa C sering disebut ibu untuk sebagian besar bahasa pemrograman modern. Oleh karena itu tidak ada salahnya belajar bahasa C jika setelahnya anda akan mempelajari bahasa seperti Java, Kotlin, Objective C, Swift, C#, PHP, ASP.net, Ruby maupun Python. Jika anda mengenal bahasa C++, maka perlu diketahui bahwa dasar dari bahasa tersebut adalah C.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

2. Java

Macam-macam Bahasa Pemrograman Java 1

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat aplikasi digital. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana. Nama Java diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).Bahasa pemrograman java dapat dijalankan di komputer atau pun telpon genggam. Sebagai contoh di komputer kita dapat mengembangakan aplikasi desktop menggunakan Netbeans IDE.  Selain itu, Java saat ini banyak digunakan oleh para programmer dalam dalam pembuatan aplikasi native untuk Android.

Java termasuk kedalam bahasa pemrograman OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun dengan konsep OOP akan memberikan manfaat kepada para pengembangnya. Hal tersebut karena konsep OOP memudahkan dalam mengatasi problem solving, karena setiap projek bersifat modular yaitu memecah bagian utama menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri. Sehingga ketika terjadi masalah kita bisa menganalisis dari satu bagian kebagian yang lain. Selain itu, Java didukung oleh Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan perpustakaan yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi. Sebagai bahasa yang memiliki komunitas terbesar di dunia tidak sulit bagi java untuk mendapatkan dukungan yang terus menerus semakin membuat java semakin kompleks dan kaya akan fitur serta fungsi.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

3. JavaScript

Macam-macam Bahasa Pemrograman JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript merupakan bahasa populer yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis web. JavaScript berjalan di banyak penjelajah web yang populer yaitu Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS. JavaScript mampu membuat halaman web yang anda kembangkan begitu menarik dan juga interaktif.

JavaScript dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha. Kemudian pernah berganti nama menjadi LiveScript sebelum akhirnya kembali menggunakan nama JavaScript. Anda dapat memanfaatkan JavaScript untuk banyak hal seperti membuat game, animasi 2D dan 3D, aplikasi yang berhubungan dengan database atau masih banyak lagi. JavaScript memang cukup kompleks namun sangat fleksibel dan banyak developer telah menyediakan tool yang berdiri diatas core JavaScript agar anda dapat menggunakan fungsi – fungsi ekstra. Nah, bagi anda yang berminat belajar JavaScript, bahasa ini mudah dipelajari karena banyak sumber yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Selain itu, Script dari JavaScript memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga membuat web yang memiliki JavaScript ditampilkan di browser maka akses tampilannya akan lebih cepat. Bagi anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi standard dan malas membuat program dengan tool berat seperti Android Studio makan anda bisa memilih JavaScript untuk dipelajari.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

4. C#

Macam-macam Bahasa Pemrograman C Sharp

Bahasa C shrap (C#) merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang memberikan peluang kepada para pengembangnya membangun aplikasi yang aman dan kuat yang berjalan di ekosistem .NET. C# memang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. C# merupakan adaptasi dari bahasa C++ yang sudah dipengaruhi oleh aspek-aspek bahasa pemrograman lain seperti Java, Delphi ataupun Visual Basic serta lebih disederhanakan agar memudahkan developer/pengembang dalam penggunaannya. Sintaks C# menyediakan fitur-fitur canggih seperti tipe nullable, enumerasi, delegasi, ekspresi lambda, dan akses memori langsung.

Bahas pemrograman C# dapat dimanfaatkan untuk membuat beberapa platform seperti pemrograman server-side pada website, kemudian mengembangkan aplikasi desktop, membangun aplikasi mobile dan juga untuk membangun aplikasi game. IDE (Integrated Development Environment) yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi C# adalah Visual Studio bagi anda para pengguna Windows. Bagi anda para pengguna sistem operasi selain Windows dapat menggunakan Xamarin Studio yang bisa dipakai lintas platform dan dapat digunakan untuk membangun aplikasi C#. Namun anda perlu menggunakan Mono sebagai alternatif pengganti .NET Framework pada Windows.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

5. PHP

php

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP sangat sering digunakan untuk mengembangkan situs web dinamis serta dapat juga digunakan untuk membangun sebuah CMS. PHP pada pertama kali ditemukan Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dan pada waktu itu bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Namun selang beberapa waktu Rasmus merilis kode tersebut ke bentuk umum dan menjadikannya sumber open source sehingga banya programer yang tertarik mengembangkan PHP ke arah yang lebih baik dan bermanfaat untuk kebutuhan yang lebih luas. Pada tahun 1997, meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dengan tulisan ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian setelah itu PHP terus berkembang hingga saat ini versi terbaru dan stabil dari bahasa pemograman PHP adalah versi 7.

PHP hanya dapat mengeksekusi kode yang ditulis antara “<?php” untuk membuka dan “?>” Untuk menutup kode PHP. Tujuan dari pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode di luar PHP, seperti HTML, JavaScript. Bagi anda yang ingin mempelajari PHP anda dapat mengunjungi dokumentasinya disini.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

6. C++

Macam-macam Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ merupakan bahasa yang sebenarnya sama dengan bahasa C. Simbol “++” yang mengikuti huruf C mengartikan bahwa bahasa ini adalah increment dari bahasa C. Simbol tersebut dapat mengartikan bahwa walaupun memiliki dasar bahasa C namun C++ memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan bahasa pemrograman C itu sendiri. Kemudian apakah ada bedanya dengan C#? hmmm ya jelas ada. Bahasa C# dibuat oleh Microsoft dan berjalan di atas mesin virtual .Net. Sedangkan C++ berjalan secara native seperti C. Dari segi sintaks pun kalau dilihat C# lebih mirip kearah Java. Namun jika anda berfikir bahwa C# adalah pengembangan dari C dan C++ tidak salah juga karena kita sudah tahu bahwa bahasa C adalah bahasa dasar dari banyak bahasa modern yang dikembangkan setelah bahasa C. Dari segi kecepatan C++ lebih bagus dibandingkan C# karena C++ adalah bahasa native.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

7. Bahasa R

bahasa R 1

Bahasa R merupakan Bahasa pemrograman yang dirancang secara khusus untuk mengerjakan segala hal yang berkaitan dengan bidang statistik. Bahasa pemrograman R pertama dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen dari universitas Auckland. Bahasa pemrograman R memiliki kelebihan salah satunya yaitu sintaks yang mudah dipahami sehingga fungsi-fungsi yang ada mudah dipahami, dapat dikembangkan dan bersifat terbuka (open source), dan pengunaan yang tidak dibatasi sehingga dapat digunakan untuk tujuan komersial. Sedangkan kekuranganya yaitu terlalu banyak command serta output yang tidak sesuai dengan standart. Namun untuk para programmer pemula bahasa pemrograman ini sangat direkomendasikan karena mudah untuk dipelajari.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

8. Objective-C

Macam-macam Bahasa Pemrograman Objective-C

Objective-C pertama kali dikembangkan pada awal 1980-an dan dibuat oleh Brad Cox dan Tom Love di perusahaan mereka Produktivitas Produk Internasional. Bahasa pemrograman Objective-C bertujuan umum dan berorientasi objek yang menambahkan pesan bergaya Smalltalk ke bahasa pemrograman C. Objective-C adalah bahasa pemrograman utama yang didukung oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi mereka di macOS, iOS, Cocoa dan Cocoa Touch.

Objective-C merupakan bahasa pemograman diatas Bahasa C namun tidak jauh berbeda dan merupakan “superset ketat” dari C. Hal itu mengartikan bahwa anda dapat mengkompilasi program C apa pun dengan kompiler Objective-C dan dengan bebas menyertakan kode bahasa C di dalam kelas Objective-C. Objective-C memiliki sintaks objek yang berasal dari Smalltalk. Objective-C memiliki sintaks non berorientasi objek (ekspresi, deklarasi fungsi, variable primitif dsb) yang merupakan turunan dari Bahasa C. Kelebihan bahasa pemrograman Objective-C adalah bahasanya bersifat terbatas (alias membuat sesuatu yang terbatas). Beberapa platform tidak bisa dikembangkan menggunakan bahasa ini seperti contohnya Android. Arti keterbatasan yang sesungguhnya dari Objective-C yaitu bahasa ini adalah bahasa khusus yang hanya dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Apple.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

9. Swift

swift 1

Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Chris Lattner di bawah naungan perusahaan Apple Inc., Amerika Serikat. Swift pertama kali diluncurkan secara resmi pada tahun 2014 dengan versi 1.0. Terakhir kali Swift rilis pada bulan September 2018 dengan versi 4.2. Swift adalah bahasa pemrograman yang kokoh dan intuitif yang diciptakan Apple untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Swift merupakan bahasa yang mudah ditulis, dibaca dan dipahami. Selain itu Swift juga memiliki kinerja yang cepat dan dapat mencegah penulisan program yang akan mengakibatkan kesalahan. Hal tersebut dipegang erat oleh Swit dengan 3 prinsip utamanya, yaitu: mudah, cepat, dan aman.

Swift adalah bahasa yang cepat dan efisien yang menyediakan laporan secara real-time dan dapat digabungkan dengan mulus ke dalam kode Objective-C yang ada. Jadi, pengembang dapat menulis kode yang lebih aman dan andal, hemat waktu, dan bahkan menciptakan pengalaman aplikasi yang lebih kaya. Swift juga bersifat open source sehingga siapapun dapat menciptakan ide luar biasa menggunakan Swift.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

10. Kotlin

Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan Jetbrains, perusahaan di balik inteliJ IDEA. Proyek yang dikembangkan sejak 2010 ini bersifat open-source. Nama Kotlin sendiri adalah nama pulau di Rusia, yang kemudian ditetapkan sebagai nama bahasa pemrograman yang mereka kembangkan. Pulau tersebut memang letaknya tidak jauh dari markas tim programmer Jetbrains yang terletak di Saint Petersburg, Rusia. Kotlin merupakan proyek bahasa pemrograman statically typed yang menargetkan JVM, Android, JavaScript dan Native. Bahasa Kotlin pertama kali dirilis pada bulan Februari 2016 dengan versi 1.0. Versi Kotlin pada saat ini sudah mencapai 1.3.60 per rilis 18 November 2019.

Kotlin adalah salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun dikalangan para pengembang aplikasi mobile Android. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan yang diberikan penuh oleh Google dalam pengembangannya. Bahkan pada acara Google I/O 2019 lalu, Google menetapkan Kotlin sebagai bahasa pemrograman nomor 1 (satu) untuk Android menggantikan Java. Sehingga para programer native android mulai berbondong-bondong beralih ke bahasa pemrograman Kotlin dalam mengembangkan aplikasi Android.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

11. Python

python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum. Python pertama kali dirilis pada tahun 1991 dengan filosofi desain desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan. Konstruksi bahasanya dan pendekatan berorientasi objek bertujuan untuk membantu programmer menulis kode yang jelas dan logis untuk proyek skala kecil dan besar. Python dikenal dengan bahasa pemrograman multi-paradigma. Python mendukung penuh Pemrograman berorientasi objek dan pemrograman terstruktur. Banyak paradigma lain yang didukung melalui ekstensi, termasuk desain berdasarkan kontrak dan pemrograman logika.

Python dimaksudkan sebagai bahasa yang mudah dibaca. Pemformatannya tidak berantakan secara visual, dan sering kali menggunakan kata kunci bahasa Inggris di mana bahasa lain menggunakan tanda baca. Tidak seperti banyak bahasa lain, ia tidak menggunakan tanda kurung awal untuk membatasi blok, dan pernyataan titik koma setelahnya bersifat opsional. Ini memiliki lebih sedikit pengecualian sintaksis dan kasus khusus daripada C atau Pascal.

Kunjungi Dokumentasi Disini.

12. GO

13. Dart

14. TypeScript

15. Matlab

16. Ruby

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Android Desain Logo Terbaik 2020Emulator Android Teringan
Cara Upgrade OVO Premier 2020Cara Top Up OVO di Alfamart atau Indomaret

Penutup

Sobat androidays.com, diatas adalah beberapa macam-macam bahasa pemrograman yang populer dikalangan developer. Beberapa diantarnya memang sudah tergolong tua namun masih eksis menjadi yang diminati. Sebagian diantaranya merupakan bahasa modern yang sedang naik daun serta sudah mulai sedikit demi sedikit menggeser bahasa lama yang telah lama menjadi raja popularitas dari bahasa pemrograman komputer. Nah, bagi teman-teman yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, pilih salah satu terlebih dahulu kemudian kuasai bahasa tersebut, baru setelahnya jika anda akan mencoba bahasa lain silahkan. Hal itu karena jika kita sudah expert dalam satu bahasa maka untuk mempelajari bahasa lain akan mudah dalam beradptasinya.

So, mungkin sekian informasi yang dapat admin sampaikan pada pembahasa artikel Macam-macam Bahasa Pemrograman yang Populer di Kalangan Developer kali ini. Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat admin mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya. See you…

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *