Kelebihan Aplikasi Telegram Yang Tidak Dimiliki WhatsApp

Kelebihan aplikasi telegram

Kelebihan Aplikasi Telegram – Hello sobat androidays.com dimana pun anda berada, semoga anda semua dalam keadaan sehat selalu dan dimudahkan segala urusan serta dilapangkan rezekinya. Sobat, pernahkah anda mendengar aplikasi chat/sosial media pengirim pesan selain daripada WhatsApp? Jawabnya mungkin bisa iya atau bisa tidak. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa WhatsApp adalah satu-satunya aplikasi mesengger/chat yang ada dan bahakan yang terbaik menurut versi anda. Namun sebenarnya ada beberapa aplikasi pengirim pesan yang dapat menjadi rekomendasi buat anda selain dari WhatsApp, salah satunya adalah aplikasi Telegram. Apa itu Telegram, mari kita simak penjelasam dibawah ini.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba (wikipedia). Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Telegram sendiri menyatakan bahwa mereka telah memiliki 400 juta pengguna telegram aktif bulanan. Pada 14 Juli 2017, pemerintah Indonesia melalui Kemkominfo memblokir DNS dari Telegram dengan alasan banyaknya propaganda, radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, dan hal lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Namun, sekarang Telegram sudah dapat diakses kembali dan tentu pengamanan dari Kemkominfo pun ditingkatkan agar lebih aman dan bisa kembali diakses oleh masyarakat Indonesia.

10 Kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp

Ada beberapa kelebihan yang mungkin belum diketahui anda karena anda merupakan salah satu pengguna aplikasi pengirim pesan yang baru tertarik menggunakan telegram. Nah berikut adalah 10 kelebihan aplikasi Telegram dibandingkan WhatsApp, mari kita simak:

1. Dapat Membagikan File dengan Ukuran Lebih Besar

Telegram bisa digunakan untuk mengirim file dalam pesan hingga 1.5 Gb dengan jenis file yang didukung yaitu gambar, video, ZIP, PDF, MP3, dan lain sebagainya. Sedangkan WA (WhatsApp) hanya memiliki kemampuan maksimal 100 Mb saja.

2. Dapat Membuat Grup dengan Anggota Lebih Banyak

Pengguna telegram bisa membuat group hingga kapasitas anggota group 200.000 orang sedangkan pada WA satu grup hanya berisi 256 orang.

3. Berjalan dan Bekerja lebih Cepat

Salah satu keutamaan aplikasi Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp adalah kecepatan aplikasi dalam beraktifitas seperti mengirim pesan dan mengakses beberapa fitur yang ada pada aplikasi Telegram. Usut punya usut ternyata Telegram telah menggunakan teknologi berbasis cloud untuk membantu kecepatan akses pada aplikasi.

4. Ruang Penyimpanan yang Kecil

Dapat digunakan untuk penyimpanan suatu file atau dokumen menggunakan penyimpanan yang kecil dengan menggunakan teknologi cloud dan juga disertai dengan teknologi cache.

5. Tersedia di Beberapa Platform

Dapat digunakan pada berbagai platform seperti Android, IOS, Windows, Mac hingga Linux, Telegram Chrome App, Telegram Web dan Telegram React sehingga para pengguna telegram dengan mudah bisa mengakses menggunakan perangkat lain.

6. Terdapat Fitur Chennel

Pada telegram memudahkan untuk berbagai informasi menggunakan fitur channel telegram yang disediakan oleh telegram, pada fitur channel telegram tidak memiliki jumlah batasan pengikut, sehingga dengan mudah kita bisa mendapatkan member sebanyak-banyaknya.

7. Sticker Aimasi yang Berkualitas

Telegram memiliki sticker animasi dengan gambar grafis yang berkualitas sehingga pada pengguna dengan mudah dapat berkomunisi dengan lebih menyenangkan. Telegram juga menyediakan sticker-sticker yang dapat anda pasang kapan saja ke aplikasi jika anda membutuhkan dan menghapusnya jika anda tidak menginginkannya.

8. Akses Pertemanan yang Mudah (Tidak Tergantung oleh nomor telepon)

Pengguna telegram bisa melakukan permintaan dan penerimaan pertemanan tanpa nomer telepon yaitu dengan melalui link atau tautan.

9. Edit dan Hapus Pesan yang sudah Dikirim

Pada telegram bisa melakukan edit dan menghapus pesan yang sudah dikirim sehingga lebih memudahkan pengguna jika terdapat kesalahan dalam mengirim pesan untuk melakukan penyuntungin terhadap pesan yang salah atau bahkan bisa menghapusnya. Sedangkan di WA anda memiliki tenggat waktu beberapa menit setelah pesan dikirim jika anda ingin menghapus pesan tersebut dan tidak ada fitur edit pesan terkirim.

10. Menambahkan Fitur Dengan Program BOT

Fitur pada aplikasi Telegram dapat terus bertambah dengan adanya BOT yang dibuat untuk memudahkan penggunannya. Ada BOT untuk menambah game yang dapat anda mainkan dengan teman anda. Ada juga BOT untuk membuat email ujicoba melalui telegram. Ada juga BOT translate untuk menerjemahkan berbagai bahasa asing yang belum anda ketahui dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kekurangan telegram yaitu :

1. Tidak Adanya Panggilan Video Grup

Saat ini Telegram hanya bisa digunakan untuk melakukan penggilan video pribadi, belum bisa digunakan untuk penggilan video secara group.

2. Tidak Memiliki Fitur Story

Tidak seperti WA, Telegram tidak memiliki fitur story sehingga tidak bisa berbagai story dengan pengguna lainnya.

Artikel Menarik Lainnya
Paket Internet 3 Unlimited Murah Terbaru 2021Aplikasi Al-Quran Terbaik
Aplikasi Baca Berita Terbaik Di Android Dan IOS 2021Game Android Penghasil Uang

Kesimpulan

Oke, sobat androidays.com berikut telah admin tuliskan informasi mengenai Kelebihan Telegram diandingkan dengan WhatsApp yang dapat anda jadikan pertimbangan jika ingin pindah atau mulai menggunakan aplikasi Telegram sebagai aplikasi pengirim pesan anda. Dari sisi keamanan sama seperti WA, Telegram juga memiliki fitur keamanan verifikasi dua langkah. Sedangkan dari sisi enkripsi, Telegram menggunakan sistem enkripsi yang berbeda dengan WhatsApp. Aplikasi ini menggunakan sistem enkripsi MTProto yang dikembangkannya sendiri. Telegram sesumbar bahwa protokol ini lebih tangguh dan anti-bobol. Masalahnya, enkripsi ini tidak aktif secara default. Hanya chat yang dikirim dan diterima lewat fitur Secret Chat atau Chat Rahasia saja yang dilindungi enkripsi. Sedangkan untuk percakapan pribadi atau grup, Telegram menggunakan metode distributed infrastructure, dimana data percakapan di Cloud disimpan di berbagai data center di seluruh dunia, dengan hukum yang berbeda-beda di masing-masing negara.

Nah, sudah jelaskan sobat seputar aplikasi Telegram yang dapat anda jadikan alternatif jika anda mencari aplikasi yang tidak kalah keren dari WA. Semoga apa yang telah admin sampaikan dapat memberikan manfaat dan berkah bagi anda semua yang membacanya. Aapabila ada kesalahan kata dan kalimat admin mohon maaf dan atas perhatiannya admin ucapkan terima kasih. See you…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *