8 Cara Reset Hp Samsung Yang Terkunci Password, PIN dan Lupa Pola

Cara Reset Hp Samsung Yang Terkunci

Ada banyak pengguna hp Samsung yang mengalami masalah smartphone terkunci karena lupa password, pin, ataupun pola yang digunakan sebagai kunci layar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka harus melakukan hard reset agar pengaturan smartphone kembali ke pengaturan pabrik.

Apabila smartphone kembali ke pengaturan pabrik maka secara otomatis kunci layar akan ikut terhapus. Namun hard reset akan menghapus semua file yang ada di smartphone, khususnya di memori internal. Jadi anda harus siap kehilangan data-data penting apabila melalukan hard reset.

Sebenarnya ada cara mengatasi hp Samsung terkunci tanpa perlu hard reset. Namun cara ini hanya berlaku bagi hp Samsung yang sudah login akun Samsung dan telah mengaktifkan fitur Find My Mobile. Bagi yang belum melakukan hal tersebut maka jangan harap bisa membuka hp Samsung yang terkunci tanpa reset.

Hard Reset menjadi opsi terakhir untuk mengatasi masalah hp terkunci. Akan tetap sebelum reset ada baiknya mencoba mengakses https://findmymobile.samsung.com/ untuk mengetahui apakah smartphone sudah login akun Samsung atau belum.

Bagi yang sudah login maka tinggal memilih Sign In, kemudian pilih menu Unlock. Setelah itu secara otomatis layar kunci akan terhapus dari jarak jauh sehingga smartphone bisa diakses kembali tanpa perlu memasukan kunci layar.

Sayangnya banyak pengguna hp Samsung yang enggan membuat akun Samsung sehingga fitur Find My Mobile tidak diaktifkan. Alhasil smartphone harus di hard reset agar bisa membuka kunci layar. Untungnya cara reset hp Samsung yang terkunci cukup mudah, dan untuk mengetahui caranya, silahkan simak informasi androidays.com berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung Yang Terkunci

Cara Reset Hp Samsung

Cara Reset Hp Samsung

Sebelum mencoba hard reset, perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa semua data yang ada di smartphone akan terhapus. Itu artinya semua file, baik itu aplikasi, game, foto, dan video akan terhapus. Inilah resiko utama melakukan hard reset. Sayangnya kita tidak bisa melakukan backup karena smartphone dalam keadaan terkunci.

Namun anda bisa mencoba menghubungkan smartphone ke komputer, siapa tahu smartphone bisa terbaca sehingga bisa melakukan backup secara manual ke komputer. Jika tetap tidak bisa, maka mau tidak mau harus melakukan hard reset. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah harus terlebih dahulu mematikan hp Samsung yang terkunci. Silahkan tekan tombol Power untuk mematikan smartphone
  2. Setelah smartphone dalam posisi mati, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan.
  3. Silahkan tekan kombinasi tombol di atas beberapa detik sampai muncul logo Samsung. Kemudian anda akan masuk ke menu Android Recovery
  4. Setelah itu, pilih menu Wipe Data/Factory Reset. Untuk memilih menu tersebuut, silahkan gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi.Cara Wipe Data Samsung
  5. Berikutnya pilih Yes untuk konfirmasi bahwa akan melakukan Hard Reset. Silahkan gunakan tombol Power untuk menkonfirmasi
  6. Jika proses hard reset selesai, selanjutnya pilih Reboot System Now dengan menekan tombol Power.Cara Restart Hp Samsung Ke Pengaturan Pabrik
  7. Kemudian smartphone akan reboot dan biasanya memakan waktu beberapa menit
  8. Silahkan tunggu sampai proses reboot selesai, kemudian akan muncul pengaturan awal hp Samsung.

Cara reset hp Samsung di atas berlaku untuk smartphone yang terkunci dikarenakan lupa password, lupa pin, ataupun lupa pola. Apabila cuma reset biasa maka caranya jauh lebih mudah, karena cukup melalui menu Reset yang tersedia pada pengaturan hp Samsung.

Selain cara di atas, kalian juga bisa mencoba melakukan flashing dengan software odin. Namun anda harus terlebih dahulu mendownload firmware sesuai dengan tipe smartphone yang dimiliki. Apabila ingin lebih mudah kami sarankan untuk mencoba cara reset hp Samsung di atas, karena cukup masuk ke mode Android Recovery.

Kesimpulan

Tutorial cara reset hp Samsung yang terkunci di atas bisa kalian gunakan untuk mengatasi semua tipe hp Samsung yang terkunci password, pin, ataupun pola. Kalian bisa mencobanya disemua tipe seperti Samsung A51, Samsung A02s, Samsung J2 Prime, Samsung A01, dan beragam tipe lainnya.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Cleaner Android Aplikasi Office Android
Cara Cek Versi Android  Aplikasi Pengecek Suhu Tubuh 

Setelah melakukan hard reset maka pengaturan smartphone akan kembali ke pengaturan pabrik sehingga kunci layar dan beragam file yang ada di memori internal akan terhapus. Nah demikianlah informasi androidays.com pada kesempatan kali ini, simak pula beragam artikel lainnya seputar smartphone Android di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *