3 Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV

Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV –¬†Menonton film di Smartphone pasti sangat menyenangkan karena dengan menggunakan Smartphone semua film bisa ditonton sesuai dengan keinginan. Selain itu, pengguna Smartphone juga bisa menonton YouTube dan berbagai macam video lainnya dari seluruh dunia baik itu hanya sekedar untuk hiburan maupun untuk menambah wawasan dengan menonton video tutorial.

Namun, mungkin saat menonton film atau video menjadi kurang puas karena terbatasnya layar Smartphone yang kecil. Apalagi jika teman atau keluarga ikut menonton, pastinya akan menjadi tidak nyaman saat menonton karena harus berdesak-desakan akibat layar Smartphone yang kecil.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyambungkan Smartphone ke TV agar menjadi leluasa saat menonton video atau film karena layarnya yang lebih lebar dibandingkan dengan layar Smartphone. Dengan menyambungkan Smartphone ke TV, maka menonton pun bisa menjadi lebih nyaman dan lebih seru, apalagi jika menontonnya bersama teman ataupun keluarga.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyambungkan Smartphone ke TV agar saat menonton film atau video menjadi lebih puas. Cara-cara ini sangat cocok untuk para pengguna HP OPPO sehingga bagi pengguna HP OPPO bisa ikuti langkah-langkah Androidays.com yang ada dibawah ini untuk menyambungkan HP OPPO tersebut ke TV.

Cara-Cara untuk Menyambungkan HP OPPO ke TV

Cara Menyambungkan HP Oppo ke TV Tanpa KabelBeberapa cara untuk menyambungkan HP OPPO ke TV bisa dengan menggunakan kabel atau bisa juga tidak menggunakan kabel. Supaya lebih jelas, bisa simak ulasannya dibawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Miracast

Cara yang pertama untuk menyambungkan HP OPPO ke TV adalah dengan menggunakan aplikasi Miracast. Namun, untuk menggunakan cara ini TV yang akan disambung harus memiliki fitur yang bisa dihubungkan dengan Miracast atau WiFi display dan pastikan HP OPPO telah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

Jika kedua perangkat sudah mendukung aplikasi ini, maka akan lebih mudah untuk menyambungkannya. Berikut cara untuk menyambungkan HP OPPO ke TV menggunakan aplikasi Miracast.

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Miracast di HP OPPO melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah berhasil di download kemudian instal dan buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah itu, nyalakan WiFi pada HP OPPO dan tekan connect.
  4. Kemudian nyalakan interaksi multi layar.
  5. Jika sudah, maka akan dibawa ke pengaturan smart TV kemudian aktifkan fitur Screen Mirroring/Miracast/Anycast/Berbagi layar.
  6. Setelah aktif, maka akan muncul nama device di layar HP OPPO tersebut.
  7. Kemudian pilih nama TV sesuai dengan nama TV yang akan disambungkan.
  8. Setelah disambungkan, maka tunggu hingga tampilan yang ada di TV sama dengan tampilan yang ada di HP OPPO.
  9. Jika tampilan di TV sudah sama dengan tampilan yang ada di HP OPPO, berarti cara ini sudah berhasil dan tinggal nikmati film atau video sesuai dengan keinginan.

2. Menggunakan Google Chromecast

Menyambungkan HP OPPO ke TV juga bisa menggunakan Google Chromecast. Untuk menggunakan cara ini dibutuhkan koneksi menggunakan WiFi yang telah terhubung dengan Google Chromecast dan cara kerjanya hampir sama dengan Apple TV dan AirPlay.

Cara untuk menyambungkanny pun cukup mudah, hanya perlu beberapa langkah HP OPPO sudah berhasil disambungkan ke TV. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Unduh Google Chromecast di HP OPPO.
  2. Selanjutnya instal dan buka aplikasi Google Chromecast.
  3. Kemudian aktifkan WiFi di HP OPPO.
  4. Setelah itu, gunakan remote control untuk mengarahkan channel TV ke HDMI.
  5. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan kode yang ada di layar TV melalui aplikasi Google Chromecast agar kedua perangkat bisa sinkron.
  6. Setelah kedua perangkat sinkron, maka tampilan yang ada di TV akan sama seperti tampilan yang ada pada HP OPPO.

3. Menggunakan Kabel HDMI atau MHL

Yang terakhir adalah menggunakan kabel HDMI atau MHL untuk menyambungkan HP OPPO ke TV. Sebelum melakukan cara ini, siapkan terlebih dahulu kabel HDMI atau MHL dan pastikan TV yang akan disambungkan memiliki port HDMI untuk memudahkan saat memasang kabel ini.

Selain itu, pastikan juga HP OPPO yang akan disambungkan memiliki support HDMI dan jika HP OPPO tersebut tidak support HDMI, maka bisa gunakan kabel MHL. Jika semua sudah bisa dipersiapkan, sekarang tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Matikan TV yang akan disambungkan dengan HP OPPO.
  2. Jika sudah, kemudian masukkan port kabel HDMI ke TV dan port kabel USB ke HP OPPO.
  3. Setelah semua kabel sudah terpasang kemudian hidupkan kembali TV tersebut.
  4. Lalu arahkan channel TV ke HDMI menggunakan remote control.
  5. Setelah itu, buka pengaturan pada HP OPPO kemudian pilih opsi HDMI Connections.
  6. Apabila sudah connect, maka tampilan yang ada di TV akan sama tampilannya dengan yang ada di HP OPPO.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyambungkan HP OPPO ke TV. Dari cara-cara tersebut bisa dipilih mana yang paling mudah untuk menyambungkannya, baik yang menggunakan kebel ataupun yang tidak menggunakan kabel.

Artikel Menarik Lainnya
Cara Live Streaming Game di FacebookGame MOBA Offline Android Terbaik
Harga ganti LCD Di Samsung CenterGame Android Penghasil Uang

Cara-cara diatas juga merupakan cara yang sering digunakan oleh kebanyakan orang ketika ingin menyambungkan HP-nya ke TV agar lebih puas saat menonton video atau film. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *