Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Android

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Androidays.com – Bagaimana cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi? Ada satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal tersebut, yakni menggunakan Private DNS atau DNS Pribadi. Kami yakin banyak orang yang belum mengetahui cara ini, sehingga lebih memilih menggunakan VPN yang notabennya cukup berbahaya.

DNS sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System. Cara kerjanya berbeda dengan VPN yang mengharuskan kita berpindah server untuk mengakses situs yang diblokir. Alhasil akses internet menggunakan VPN akan lebih lemot karena server yang digunakan berbeda negara.

Nah agar koneksi internet tetap cepat, maka lebih baik menggunakan fitur Private DNS. Fitur tersebut telah tersedia secara default diberbagai tipe smartphone, terutama yang menggunakan sistem operasi Android 9 ke atas.

Cara kerja Private DNS adalah dengan mengeksprisi DNS yang ada di smartphone agar penyedia layanan internet tidak bisa melihat DNS yang digunakan. Apabila Private DNS sukses dimasukan, maka selanjutnya kita tinggal mengakses situs yang diblokir dengan lancar.

Perlu kalian ketahui bahwa cara mengatur Private DNS di setiap merk smartphone berbeda-beda. Berhubung saya menggunakan Samsung Galaxy Note 10+, maka saya akan memberikan cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi menggunakan private DNS pada hp Samsung. Nah untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

Tutorial Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan DNS

1. DNS Adguard

Menggunakan Private DNS merupakan salah satu cara membuka situs yang diblokir secara mudah tanpa perlu menginstal aplikasi apapun. Asalkan handphone kalian mendukung pengaturan DNS, maka kalian bisa menggunakannya. Nah salah satu DNS yang bisa kalian gunakan untuk membuka situs yang diblokir adalah DNS Adguard.

Menurut kami DNS Adguard sangat special. Sebab DNS tersebut bisa membuak semua situs yang diblokir sekaligus menghilangkan iklan saat browsing di Google Chrome Android. Cara mengaplikasikan DNS tersebut juga sangat mudah, dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan membuka menu pengaturan pada smartphone kalian. Cara Membuka Situs Yang Diblokir
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan atau setting, selanjutnya pilih menu pengaturan “Koneksi“. Cara Membuka Situs Yang Diblokir Android
  3. Kemudian pilih menu “Pengaturan Koneksi Lainnya
  4. Lalu akan muncul beberapa pengaturan koneksi lainnya, kemudian kalian pilih “DNS PribadiDNS Pribadi
  5. Secara default DNS Pribadi akan berada di posisi Mati. Untuk mengaktifkannya, kalian pilih “Nama Host Penyedia DNS Pribadi
  6. Selanjutnya isikan dns.adguard.com dan tap “Simpan
  7. Setelah itu kalian tinggal membuka browser, dan silahkan mengakses situs yang diblokir. Kami jamin situs akan langsung terbuka dengan lancar tanpa adanya peringatan Internet Positif

Dengan memasukan private DNS di atas, maka kalian bisa berselancar secara bebas untuk membuka situs yang diblokir ataupun aplikasi yang diblokir oleh operator jaringan. Cara mengaplikasikan private DNS juga sangat mudah. Namun cara di atas hanya berlaku untuk smartphone Android dengan sistem operasi Android Pie 9.0 ke atas.

2. DNS Cloudflare

Selain DNS Adguard, masih ada beberapa DNS lainnya yang bisa kalian gunakan untuk membuka situs yang diblokir. Salah satunya adalah DNS CloudFlare 1.1.1. DNS ini bisa kalian aplikasikan melalui aplikasi ataupun secara manual di pengaturan Private DNS. Apabila enggan menginstal aplikasi, maka kalian bisa mencoba cara memasukan private DNS Cloudflare berikut ini.

  1. Masuk ke men Pengaturan atau Setting
  2. Kemudian pilih Network & internet atau Koneksi
  3. Selanjutnya Advanced atau Pengaturan Lainnya
  4. Lalu pilih Pirvate DNS atau DNS Pribadi
  5. Kemudian masukan DNS Cloudflare pada kolom hostname dengan menuliskan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
  6. Setelah itu tinggal Save atau Simpan, kemudian kalian tingga membuka website yang diblokir

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi menggunakan DNS CloudFlare tidak akan mengurangi kecepatan internet secara berarti, sehingga kita tetap bisa mengakses internet dengan lancar, tak terkecuali download dan streaming.

3. NextDNS

NextDNS
NextDNS
Developer: NextDNS
Price: Free
  • NextDNS Screenshot
  • NextDNS Screenshot

Satu lagi DNS yang bisa kalian gunakan untuk membuka situs dan aplikasi yang diblokir, yakni DNS dari NextDNS. Sama halnya dengan CloudFlare, NextDNS juga menyediakan versi aplikasi yang ditujukan bagi smartphone Android yang tidak memiliki pengaturan Private DNS. Namun apabila handphone kalian memiliki pengaturan Private DNS, maka bisa mencoba memasukan DNS tersebut secara manual.

Cara memasukan NextDNS sama persis dengan DNS CloudFlare atuapun Adguard. Kita hanya perlu masuk ke menu pengaturan Private DNS atau DNS Pribadi, kemudian inputkan 55e772.dns.nextdns.iopada kolom Hostname. Meskipun bisa membuka semua situs yang diblokir, namun menurut kami NextDNS lebih lemot dibanding CloudFlare ataupun AdGuard.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Nonton Film Cara Melacak HP Android Hilang
Cara Nonton Netflix Indihome Cara Merubah File JPG Ke PDF

Nah demikianlah cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Silahkan kalian mencoba tuturial yang kami sampaikan di atas agar bisa menikmati kebebasan berinternet. Jangan lupa simak pula beragam informasi menarik lainnya seputar smartphone Android, hanya di Androidays.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *