Cara Melacak HP Android Hilang Dengan Mudah, Cepat, Akurat 2020

Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Kondisi Mati

Cara Melacak HP Android Hilang – Tidak dipungkiri pesatnya laju perkembangan teknologi menuntut seseorang harus terus mengikutinya agar tidak ketinggalan jaman, salah satu diantaranya adalah smartphone. Dimana gawai ini bukan hanya sekedar gaya hidup, akan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib di miliki untuk mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi.

Selain menawarkan kemudahan, smartphone saat ini sudah didukung dengan berbagai macam bentuk teknologi terbaru, dan itu terus berlanjut dengan update yang terus berjalan. Dan bukan hanya itu saja, lebih ke keamanan, sisi proteksi juga medapatkan peningkatan, bahkan ketika HP / Smartphone hilang, anda tidak perlu lagi khawatirkan akan itu, pasalnya sudah didukung dengan fitur pelacak HP hilang.

Cara Melacak HP Android Hilang Dalam Kondisi Mati

Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Kondisi Mati

Adapun Cara Melacak HP Android Hilang juga cukup banyak, yang bisa di aplikasikan bukan hanya pada HP dalam kondisi hidup saja, tetapi juga ketika HP yang anda miliki pada posisi mati. Terlebih sistem operasi Android dikembangkan oleh Google, dimana google sendiri juga mendukungnya dengan fitur pelacak, yang memungkinkan pemilik HP nantinya dapat mengakses gawai yang dimilikinya dari kejauhan. Disamping itu, ada juga Cara Melacak HP Android Hilang lainnya, yang pastinya mudah, cepat dan akurat seperti dibawah ini.

1. Melacak HP Android Hilang Dengan “Find My Device”

Melacak HP Android Hilang Dengan "Find My Device"

Untuk cara yang pertama ini anda dapat menggunakan Find My Device, yang mana fitur tersebut memang sudah disediakan Google satu paket pada smartphone yang menggunakan OS Android. Cara ini terbilang efektif untuk melacak HP hilang. Menariknya lagi, melalui fitur ini anda dapat menunjukan lokasi serta memungkinkan anda memberikan sinyal suara ketika HP dalam kondisi hidup, berikut ini cara lengkap mengaplikasikannya.

1. Langkah awal, anda buka aplikasi “find my device” pada HP lain atau bisa juga mengaksesnya langsung dari PC dengan mengetikan kata diatas.
2. Setelah itu, Log in dan masukan akun Gmail Google yang aktif pada HP yang hilang
3. Ketika sudah masuk, pilih ikon yang menunjukan bahwa itu merupakan HP yang hilang tadi
Lalu klik ikon tersebut
4. Tunggu beberapa saat, dan secara otomatis akan langsung menunjukan informasi dari HP yang hilang, mulai dari kondisi baterai, sinyal, serta lokasi dari HP tersebut.
5. Selain menunjukan lokasi, anda juga dapat menggunakan fitur lain didalamnya seperti Play Sound, yang dapat membuat HP Android yang hilang tadi mengeluarkan suara selama 5 menit.
6. Ada juga fitur Lock, dimana fitur tersebut bekerja untuk mengunci smartphone jarak jauh, sehingga bila ditemukan oleh orang lain, nantinya tidak bisa mengakses berbagai menu didalam smartphone, dan hanya anda yang bisa menggunakan pasword yang sudah dibuat sebelumnya.
7. Selanjutnya fitur Erase, yang membuat anda bisa menghapus seluruh data yang ada pada HP yang hilang.

Namun perlu kami tekankan disini, lokasi yang ditunjukan oleh aplikasi ini merupakan lokasi dimana HP terahir kali aktif, atau ketika email yang ada didalam smartphone masih aktif. Tapi pahitnya jika tidak bisa diketemukan, paling tidak anda bisa menggunakan fitur Lock dan Erase untuk menghilangkan semua data yang ada didalamnya, sehingga privasi anda tetap bisa terjaga.

2. Melacak HP Android Hilang Dengan “Gmail”

Melacak HP Android Hilang Dengan "Gmail"

Selanjutnya bisa dengan mengandalkan dari akun Gmail, cara ini dapat diterapkan pada HP yang hilang meski dalam kondisi mati sekalipun, pengaplikasiannya juga terbilang mudah plus cepat.
Kemudian soal caranya, lebih rincinya bisa langsung simak dibawah ini.

1. Pertama – tama siapkan akun Gmail yang tersinkronasi dengan HP Android yang hilang
2. Lalu anda masuk ke akun Gmail tadi
3. Langkah diatas bisa anda akses dengan smartphone lain, PC, ataupun Laptop
4. Berikutnya, anda masuk ke akun Gmail yang terkoneksi tadi
5. Buka Goole maps, dapat dari Aplikasi atau masuk dari Chrome
6. Kemudian lihat menu pilihan, di bagian ini anda dapat langsung klik menu “Linimasa”
Nantinya anda akan diarahkan ke petunjuk lokasi dimana HP anda yang hilang
7. Fitur lini masa sendiri merupakan sebuah fitur yang menyimpan History lokasi dari HP yang hilang, disitu anda dapat melihat detail rute atau lokasi mana saja yang telah di lintasi oleh HP yang hilang pada saat keadaan hidup terahir kali.
8. Dari situlah anda dapat menarik kesimpulan dan mengetahui akan titik lokasi HP, sehingga bisa mencarinya dengan mudah.

Tapi lagi – lagi, cara diatas berfungsi, asalkan anda tau serta ingat akun google aktif pada HP anda yang hilang, dan disarankan pastikan pasword yang anda masukan itu benar, agar memudahkan anda bisa mengakses fitur pelacak HP tersebut diatas.

3. Cara Melacak HP Android Hilang Dengan Nearme Find

Cara Melacak HP Android Hilang Dengan Nearme Find

Nearme Find merupakan sebuah aplikasi yang khusus dikembangkan oleh Oppo guna memudahkan seseorang untuk menemukan HP Oppo miliknya sendiri yang hilang dengan mudah dan tidak ribet, tapi tentunya ada beberapa tata cara agar bisa dengan optimal ketika mencarinya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Pertama, jelas anda harus memiliki akun O-Cloud.
2. Akun O-Cloud ini biasanya akan muncul pertama kali anda mengaktifkan ponsel Oppo (khusus HP Oppo Baru), yang mana nantinya mengharuskan anda untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
3. Selanjutnya masuk ke website uc.nearme.co.th
4. Masuk menu Settings
5. Pilih personal Security Setting
6. Setelah itu pilih menu Find Phone
7. Log-in denga akun yang telah anda buat sebelumnya
8. Selanjutnya anda akan diperlihatkan mengenai detail lokasi dari HP Oppo anda yang hilang

Jadi pastikan terlebih dahulu anda sudah memiliki O-Cloud terlebih dahulu dan aktif pada HP Oppo yang anda hilang untuk bisa melancarkan cara yang ke tiga ini.

4. Melacak HP Android Hilang Dengan Android Device Manager

Google ADM (Android Device Manager) disediakan oleh Google dalam bentuk aplikasi gratis, yang berfungsi mencari atau menditeksi keberaan sebuah gawai (smartphone) dengan mengaktifkan GPS pada smartphone yang dituju, dan berikut ini langkah – langkahnya,

1. Log in ke Android Device Manager dengan gawai lain atau perangkat komputer dengan akun google yang tersinkronasi dengan HP yang hilang.
2. Kemudian jika sudah memasukan akun gmail dan kata sandi, langsung saja klik Accept yang ada dibawahya
3. Setelah itu aplikasi akan menunjukan nama dari HP yang hilang pada layar
4. Nah dari sinilah anda dapat mengetahui posisi dimana HP anda berada

Perlu anda catat, aplikasi ADM bisa saja tidak dapat memunculkan lokasi dari HP Android yang hilang tadi dikarenakan HP dalam kondisi mati.

Artikel Menarik Lainnya
Mengenal Bahasa Pemrogaman Kotlin Untuk AndroidPengenalan Sistem Operasi Android
Cara Nonton Netflix Indihome dan Telkomsel Aplikasi Ojek Online

Garis besarnya, untuk mencari HP Android Hilang dalam kondisi mati ataupun hidup, mengharuskan anda tau dan ingat akan akun Google serta kata sandi yang aktif pada smartphone yang hilang. Jadi, jika anda lupa akan hal itu, maka anda sudah tidak bisa melakukan apa – apa, terkecuali anda melapor polisi akan kehilangan yang anda miliki, dimana nantinya Polisi bakal melacaknya melalui no IMEI, karena hanya pihak berwenanglah yang dapat menjalankan cara Melacak HP Android Hilang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *