Cara Instal Android Studio pada Windows

android studio install

Cara Instal Android Studio – Sobat androidays.com cabang programming, kali ini admin akan berbagi ilmu pengetahun kepada kalian bagaimana Cara Instal Android Studio pada Windows. Tutorial ini adalah tutorial yang wajib dibaca, dipahami dan diikuti terutama buat kalian yang akan menginstall Android Studio dan sangat berguna menambah ilmu bagi kalian yang sedang memperdalam ilmu bagaimana Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula. Sebelum membuat aplikasi android yang pertama, kita wajib menginstall toolsnya dulu. Android Studio adalah IDE yang wajib diinstall sebagai tools yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile khususnya Android. Nah, mau tahu Cara Instal Android Studio pada Windows, yuk simak terus artikel ini sampai selesai.

Persyaratan Sistem

Dikutip dari laman resmi https://developer.android.com/studio disebutkan persyaratan minimum sistem yang harus dipenuhi agar Android Studio dapat berjalan baik serta tidak menghambat pekerjaan pada nantinya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sistem terutama bagi pengguna sistem operasi Windows. Beberapa diantaranya :
1. Microsoft® Windows® 7/8/10 (64-bit)
2. 4 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended
3. 2 GB of available disk space minimum,
4. 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
5. 1280 x 800 minimum screen resolution

Cara Instal Android Studio

1. Unduh Android Studio

Sebelum kita melakukan instalasi, kita unduh terlebuh dahulu software Android Studio di sini. Untuk mendownload klik tombol “Download Android Studio“.

Cara Install Android Studio

2. Instalasi Android Studio

Setelah file selesai didownload buka file tersebut dan pertama, akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

langkah 1 Cara Install Android Studio

Kemudian pilih apakah akan menginstall komponen tambahan AVD (Android Virtual Device) atau tidak. AVD berfungsi untuk mengkonfigurasi perangkat yang dijalankan dengan emulator Android. Kemudian klik Next untuk melanjutkan instalasi.

langkah 2 Cara Install Android Studio

Langkah berikutnya, pilih lokasi untuk install Android Studio pada komputer Anda. Pada umumnya lokasi instalasi berada di C:\Program Files\Android\Android Studio. Setelah lokasi ditentukan, klik Next untuk kembali melanjutkan.

langkah 3 Cara Install Android Studio

Selanjutnya, langkah opsiaonal yaitu memberi nama aplikasi yang akan ditampilkan di Start Menu. Namun jika kita khawatir lupa dengan nama yang akan kita pilih, alangkah baiknya kita kasih nama Android Studio saja. Kemudian klik Install untuk melanjutkan ke proses install.

langkah 4 Cara Install Android Studio

Kemudian proses instalasi akan berlangsung, dan tunggu hingga proses selesai.

langkah 5 Cara Install Android Studio

Jika muncul tampilan seperti dibawah ini maka Android Studio sudah selesai diinstall dan klik finish untuk menutup setup instalasi.

langkah 7 Cara Install Android Studio

Install SDK Android Studio

Android Software Development Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Di dalamnya, terdapat beberapa tools seperti debugger, software libraries, emulator, dokumentasi, sample code dan tutorial. Java SE Development kit adalah salah satu contoh Android SDK dan menjadi bahasa pemrograman yang paling sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. Maka dari itu simak “Cara Install JDK (Java Development Kit)“.

Setiap kita pertama menginstall Android Studio pada PC/Laptop kita, maka yang harus kita lakukan setelah Android Studio terinstall adalah menginstall SDK. Namun PC/Laptop kita diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena komponen-komponen SDK ini harus didownload terlebih dahulu. Untuk memulai langkah instalasi, pertama kita buka dulu Android Studio yang telah berhasil kita install. Kemudian diawal launching aplikasi akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

welcome android studio

Selanjutnya, pilih tipe instalasi. Ada dua tipe instalasi, yaitu:

Standard : Pengaturan bersifat default dan ada beberapa instalasi tambahan dari Android Studio.
Custom : Anda bisa memilih pengaturan dan komponen tambahan yang Anda perlukan saja.

Pilih sesuai kebutuhan kemudian klik Next untuk melanjutkan instalasi.

choose type install android studio

Kemudian, pilih tema untuk tampilan di dashboard Android Studio. Ada dua pilihan pada tema Android Studio, yaitu:

Darcula : Bertema warna Dark (Hitam)
Light : Bertema warna Light (Putih)

Silahkan pilih salah satu sesuai kenyamanan yang akan kita perolah yang akan meningkatkan produktivitas kerja. Lalu klik Next untuk melanjutkan.

select UI Theme

Selanjutnya, tentukan RAM. Secara default kita direkomendasikan untuk menggunakan RAM 2GB, namun sebaiknya gunakan RAM minimal 4GB agar tidak memperlambat proses running Emulator atau terjadi lag ketika menjalankan aplikasi dibuat. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

emulator settings

Kemudian, akan akan muncul informasi mengenai komponen tambahan SDK beserta ukuran filenya. Selanjutnya Klik Finish untuk memulai proses download komponen-komponen tersebut.

install sdk

Biasanya proses downloading akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena besarnya file-file yang didownload beserta extraksi file yang telah didownload. Oleh karena itu admin menyarankan untuk menjaga kestabilan koneksi, karena jika tidak maka download akan gagal atau pun terhambat.

install android studio download sdk

Setelah proses download dan install selesai, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik Finish, untuk menyelesaikan proses.

verify settings

Android Studio siap digunakan.

open android studio

Kesimpulan

Tools yang wajib kita install di PC/Laptop kita adalah Android Studio terutama jika kita akan membangun sistem berbasis Android menggunkan Kotlin/Java. Dengan terinstallnya Android Studio maka kita bisa memulai proyek pertama dengan menggunakan Android Studio.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Wajah Tua Android Terbaik 2020Aplikasi Pembobol WiFi
Aplikasi Edit VideoCara Install JDK (Java Development Kit)

Bagi teman-teman sobat androidays.com selanjutnya kita akan membahas tutorial-tutorial untuk memulai membuat aplikasi Android menggunkan Android Studio. So, ikuti terus materi terbaru kami dan tetap semangat dalam menuntut ilmu. See You…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *