Cara Cek Versi Android Pada HP dan Tablet

Cara cek versi android

Cara Cek Versi Android – Hello sobat andridays.com dimanapun anda berada, semoga selalu dalam keadaan sehat, aman, dilindungi dari segala macam bahaya dan penyakit serta selalu diberikan kemudahan rezeki. Semoga kita juga senantiasa diberikan ketaatan kepada Tuhan kita yang Maha Esa sehingga selalu bersyukur dengan keadaan yang ada saat ini. Dikutip dari Indonesiabaik.id (diakses pada 13 Februari 2020, pukul 12.07 Wib) dengan judul 66,3% masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone, menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia sudah memiliki smartphone dengan jumlah hampir mencapai 2/3 dari total masyarakat Indonesia. Kemudian dari data State Counter Global Stats pada Januari 2020 – Januari 2021 tentang Pangsa Pasar Sistem Operasi Seluler Indonesia, sebanyak 92,39 % masyarakat Indonesia membeli smartphone Andoid.

Dari data diatas mungkin anda adalah salah satu diantara mayoritas masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Namun tahukah anda, versi android apakah sistem operasi smartphone yang sedang anda gunakan? Sudah tahukah cara mengeceknya?. Jika anda tidak tahu versi android yang saat ini anda gunakan, ada kemungkinan anda akan mengalami kesulitan atau kegagalan instal aplikasi dengan versi android tertentu. Selain itu cepatnya pengembangan versi dari sistem operasi Android ini menjadikan versi lama semakin ditinggalkan dari sisi pengembangan variasi aplikasinya. Hal tersebut karena versi lama sudah tertinggal dan ada banyak fitur canggih masa kini yang tidak didukung di versi android yang lama.

Bagaimana Cara Cek Versi Android pada Ponsel/Smartphone

Sebenarnya untuk mencari tahu versi android dari masing-masing ponsel/smartphone anda caranya cukup simpel dan mudah. Hanya saja jika tidak mengerti caranya sepertinya terasa sulit dan bingung hehe ya jelas lah. Nah, yuk simak langkah-langkah berikut ini untuk cek versi android anda.

1. Buka fitur pengaturan pada ponsel/smartphone anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 1 cara cek versi android

2. Kemudian cari (bisa dengan scroll ke bawah) hingga anda menemukan menu sistem atau pun yang memiliki judul kategori sistem dan klik jika harus diklik, namun jika sistem itu merupakan judul ketegori menu maka lanjut langkah ke 3.

Langkah 2 Pilih Sistem

3. Klik sub menu tentang perangkat/tentang ponsel.

Klik Tentang Ponsel

4. Cari menu android versi. Bagi anda yang hafal versi android dari awal hingga sekarang maka ketika melihat angka versi yang tertera, pasti anda sudah tahu adroid tersebut memiliki nama versi apa. Namun jika belum, lakukan klik cepat pada menu versi android (klik seperti beberapa kali dengan cepat seperti mengetok pintu namun dalam keadaan gentin dan buru-buru).

Versi Android

6. Jika muncul dialog seperti berikut, maka lakukan klik cepat pada menu versi android.

Dialog Versi

5. Jika berhasil maka akan muncul logo versi nama android anda.

Cara cek versi android final

Pengetahuan Tentang Versi Android

Berikut adalah vers-versi android yang pernah ada hingga yang terbaru saat ini.

Versi Android
Android 1.0Alpha
Android 1.1Beta
Android 1.5Cupcake
Android 1.6Donut
Android 2.0 – 2.1Eclair
Android 2.2 – 2.2.3Froyo
Android 2.3 – 2.3.7Gingerbread
Android 3.0 – 3.2.6Honeycomb
Android 4.0 – 4.0.4Ice Cream Sandwich
Android 4.1 – 4.3.1Jelly Bean
Android 4.4 – 4.4.4Kit-Kat
Android 5.0 – 5.1.1Lollipop
Android 6.0Marshmallow
Android 7.0Nougat
Android 8.0Oreo
Android 9.0Pie
Android 10Android 10

Kesimpulan

Oke sobat itulah Cara Cek Versi Android yang admin peragakan namun cara tersebut admin peragakan menggunakan device MIA1. Secara umum  langkah-langkah diatas dapat anda peragakan menggunakan device lain, tinggal nama menunya saja yang disesuaikan. Karena ada ponsel yang menunya bernama pengaturan, ada yang namanya setelan ada juga settings(jika menggunkan bahasa pengantar berupa bahasa Inggris). Mudah bukan, yuk coba aja ikuti langkahanya dan cek versinya.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik 2021Game Naruto Android Terbaik 2021 : Terbaru dan Paling Seru
Aplikasi Reksadana Terbaik dan Investasi OnLine Terbaru 2020Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Di Android Dan IOS 2021

Mungkin demikian tutorial Cara Cek Versi Android Pada HP dan Tablet yang dapat admin sampaikan melalui tuliasan singkat ini. Namun admin selalu berharap setiap tulisan dari admin dapat memberi manfaat bagi anda para pembaca dan pengunjung situs androidays.com. Jika ada salah dalam penuliasan kata dan kalimat admin mohon maaf sebesar-besarnya dan terimkasih atas perhatiannya. See you…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *