3 Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi

Cara Cek Garansi Xiaomi – Xiaomi sudah menjadi merk besar di Indonesia. Bahkan saat ini Xiaomi menduduki posisi nomor 3 sebagai merk smartphone terlaris di dunia, mengalahkan Huawei yang kita menduduki posisi ke 4. Sedangkan posisi pertama dan kedua diduduki oleh Samsung dan iPhone yang mungkin dalam waktu dekat ini akan tersalip oleh Xiaomi.

Dari waktu ke waktu pengguna hp Xiaomi di Indonesia memang semakin banyak. Terlebih Xiaomi selalu rajin merilis smartphone terbaru dengan harga murah meriah di Indonesia sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone asal China tersebut.

Sayangnya tidak semua smartphone Xiaomi yang dijual di Indonesia merupakan produk resmi. Banyak sekali penjual yang mengimport langsung dari China, sehingga pembelinya tidak akan mendapatkan garansi resmi Xiaomi Indonesia. Selain itu, ada pula hp Xiaomi garansi distributor yang notabennya bukan produk resmi.

Tidak semua tipe hp Xiaomi dipasarkan di Indonesia. Inilah yang mendasari banyak seller mengimport secara langsung dari luar negeri dengan garansi internasional. Apabila sellernya amanah, biasanya akan dibantu mengurusi garansi apabila terjadi kerusakan. Garansi kerusakan hanya berlaku dinegara pembelian, jadi jangan harap bisa klaim garansi di service center Xiaomi Indonesia.

Klaim garansi hanya berlaku bagi hp Xiaomi yang dijual secara resmi di Indonesia. Oleh karena itulah kami sarankan untuk membeli hp Xiaomi garansi TAM yang merupakan garansi resmi Xiaomi Indonesia. Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimanakan cara cek garansi Xiaomi resmi? Nah untuk mengetahuinya silahkan simak artikel androidays.com berikut ini.

Tutorial Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi

1. Cek Bagian Dusbook

Cek Garansi hp Xiaomi Tam
Cek Garansi hp Xiaomi Tam

Ada beberapa cara untuk mengetahui garansi hp Xiaomi, apakah resmi atau tidak. Cara yang termudah adalah dengan melihat garansi yang tertera pada bagian dusbook. Apabila resmi, pasti akan tertera logo TAM pada bagian dusbook. TAM sendiri merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Namun bisa saja dusbook hp Xiaomi yang kita beli merupakan dusbook palsu. Biasanya hal ini terjadi apabila membeli hp Xiaomi bekas. Untuk memastikan keasliannya, kalian bisa mengecek nomor IMEI yang tertera pada dusbook dengan yang tertera di smartphone.

Untuk mengetahui nomor IMEI Hp Xiaomi sangatlah mudah. Kalian cukup membuka menu panggilan telepon, lalu ketikan *#06#. Kemudian secara otomatis nomor IMEI akan muncul. Setelah itu tinggal mencocokan IMEI yang muncul dengan IMEI yang tertera pada dusbook. Apabila sama, berati merupakan dusbook asli.

Selain garansi TAM, hp Xiaomi yang beredar di Indonesia juga tersedia dalam garansi Bless dan Platinum. Namun Bless dan Platinum bukanlah distributor resmi, jadi untuk masalah garansi harus menghubungi pihak Bless dan Platinum yang proses perbaikannya akan lebih ribet dan lama.

2. Cek Nomor IMEI

Cek Nomor IMEI Kemenperin
Cek Garansi Melalui Situs Kemenperin

Cara cek garansi Xiaomi berikutnya adalah melalui nomor IMEI. Namun sekarang cara jauh lebih canggih, karena sudah ada sistem online yang membuat kita bisa mengecek apakah hp Xiaomi yang dimiliki merupakan garansi resmi, distributor, atau garansi internasional.

Cara mengeceknya adalah dengam mengunjungi situs cek IMEI Kemenperin yang beralamatkan di https://imei.kemenperin.go.id. Pada situs tersebut tersedia kolom Cek IMEI yang bisa kita gunakan untuk mengecek IMEI smartphone, apakah terdaftar atau tidak di database Kemenperin.

Apabila smartphone yang kalian miliki merupakan hp Xiaomi garansi resmi, maka akan muncuk informasi bahwa nomor IMEI telah terdaftar pada database Kemenperin. Namun apabila tidak muncul, maka bisa dipastikan handphone Xiaomi kalian merupakan garansi interasional atau distributor.

3. Cek Garansi Xiaomi Online

Cek Garansi Xiaomi Online
Cek Garansi Xiaomi Online

Satu lagi cara cek garansi Xiaomi online, yakni dengan mengunjungi situs Registrasi produk resmi Xiaomi yang beralamatkan http://buy.mi.com/id/registration. Kita hanya perlu memasukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, lalu klik langkah selanjutnya untuk memulai pengecekan.

Apabila hp Xiaomi yang dicek merupakan produk resmi, maka akan muncul informasi negara pembelian yang bertuliskan Indonesia. Selain itu, tersedia pula informasi waktu produksi dan waktu aktivasi yang bisa menandakan apakah garansi masih berlaku atau tidak. Xiaomi sendiri memberikan garansi selama 1 tahun untuk setiap tipe smartphone yang dipasarkan secara resmi.

Selama masa garansi masih berlaku, maka kita bisa klaim garansi ke Service Center Xiaomi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Namun garansi Xiaomi hanya berlaku bagi kerusakan yang bukan karena faktor humah eror ataupun bencana alam. Meskipun begitu kita tetap bisa melakukan perbaikan, meski harus membayar biaya pembelian sparepart dan biaya perbaikan.

Artikel Menarik Lainnya
Game Dragon Ball AndroidCara Belajar Membuat Aplikasi Android
Game Naruto AndroidGame Open World Android

Nah demikianlah cara cek garansi hp Xiaomi secara mudah. Dengan cara di atas kita bisa mengetahui apakah handphone yang dimiliki merupakan garansi resmi atau distributor. Sekian informasi androidays.com kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna smartphone Xiaomi di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *