Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Cara Belajar Membuat Aplikasi Android

Cara Belajar Membuat Aplikasi Android – Android saat ini menjadi sistem operasi ponsel pintar yang sangat diminati. Di Indonesia pada bulan Februari 2020 sebanyak 92,64% konsumen memilih platform Android untuk sistem operasi peranti mobile mereka (data statcounter). Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi yang telah di publish di Google Play Store berjumlah 2,8 juta per bulan Maret 2020 (data statista).

Data statistik di atas menarik bukan? Hehe, tentu menarik bagi yang memiliki pandangan adanya peluang bisnis di bidang tersebut. Melalui Google Play Store kita bisa memasarkan aplikasi yang telah kita buat agar memiliki nilai harga dan menambah penghasilan ekonomi kita tentunya. Maka tidak ada salahnya untuk kalian mencoba belajar menjadi seorang programer Android. Selain memiliki peluang memasarkan produk aplikasinya sendiri, sebagai seorang programmer Android merupakan 1 dari 5 profesi yang paling diincar perusahaan (data LinkedIn Emerging Jobs Report 2019).

Nah, mungkin kalian bertanya apakah bisa kita mempelajari pemrograman android secara otodidak? Ya tentu itu sangat mungkin. Hal terpenting dalam belajar segala sesuatu adalah selalu merasa ingin tahu, pelajari konsep dasarnya, perdalam teori algoritma serta jangan malas untuk mempraktikkan tutorial yang telah dipelajari.

Tentu saja kita harus sabar dalam setiap belajar karena tidak ada sesuatu yang instan, karena Thomas Alfa Edison pun berhasil menemukan lampu setelah mencoba lebih dari 10 ribu kali percobaan. Begitu pun menjadi seorang programmer Expert kalian harus berawal dari seorang android pemula yang akan menemui 10 ribu bahkan sampai 100 ribu error untuk bisa menjadi Android Developer Expert.

Mengapa Harus Belajar Pemprograman Android?

Berikut adalah alasan kuat untuk kalian semakin yakin belajar pemrograman android yaitu :

  • Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android, sehingga akan menjadi sebuah peluang pasar yang cukup besar.
  • Android menjadi salah satu solusi permasalahan di masyarakat bahkan jika dikelola dengan baik dapat menciptakan peluang bisanis dengan memanfaatkan solusi yang diciptakan melalui aplikasi Android.
  • Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan programer android, namun sumber daya manusia nya yang tersedia masih sangat terbatas. Bahkan banyak lulusan-lulusan sarjana komputer yang setelah lulus justru anti koding dan memilih pekerjaan lain selain menjadi programmer.
  • Menjadi android developer memungkinkan kita menjadi seorang freelance, sehingga bisa kerja dengan waktu dan tempat yang fleksible. Bahkan sebagian perusahaan menawarkan remote job.
  • Android memiliki peluang bisnis global sehingga sangat mungkin menghasilkan uang melalui iklan admob, In-App Purchase dan membuat proyek aplikasi

Cara Belajar Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula
Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Pada artikel kali ini admin juga akan berbagi ilmu tentang materi apa saja sih yang perlu dipelajari sebagai Android Developer Pemula. Berikut adalah materi yang setidaknya perlu dipelajari ditahap awal belajar android.

  • Mengenal Android Studio : Android studio adalah aplikasi desktop yang akan digunakan oleh developer dalam membangun sebuah aplikasi android. Android studio adalah salah satu aplikasi pengembang yang populer dikalangan pengmbang aplikasi android diantara beberapa aplikasi pengembang lainnya. Hal ini karena Android studio didukung oleh Google, sehingga fitur-fitur aplikasinya lengkap dan selalu update, sehingga sangat memanjakan para pengembang aplikasi android.
  • Activity : Activity adalah tempat untuk membuat desain dan menuliskan logika dasarnya, sampai penggunaan saveInstanceState untuk menjaga data karena perubahan lifecycle.
  • Intent : Intent adalah fungsi yang digunakan untuk berpindah antar Activity maupun aplikasi. Anda juga akan belajar bagaimana cara mengirim data dari satu activity ke activity lainnya.
  • Layout : Di sini kalian akan mendesain aplikasi dengan berbagai macam layout, seperti LinearLayout, FrameLayout, RelativeLayout, dan TableLayout. Di sinilah aplikasi kita akan dinilai oleh user, apakah aplikasi kita user frendly atau tidak.
  • RecyclerView : RecyclerView dipakai untuk menampilkan list/daftar.
  • Style and Theme : Mempelajari cara mendesain aplikasi lebih cepat dan mudah dengan memanfaatkan Style and Theme
  • Connecting to the internet : Mengoneksikan android aplikasi agar bisa mengkonsumsi data dari sumber internet.

Materia di atas merupakan materi wajib bagi kalian yang tertarik belajar cara membuat aplikasi Android. Untuk membuat sebuah aplikasi memang tidak mudah, namun asal kita berusahan pasti ada jalannya.

Artikel Menarik Lainnya
Game Dragon Ball AndroidGame Perang Offline
Game Naruto AndroidGame Open World Android

Beberapa point diatas adalah beberapa materi yang akan kita pelajari untuk menjadi android developer pemula. So simak terus materi-materi selanjutnya yang akan kami post secara berkelanjutan,  pantau terus dunia programing di androidays.com ya, jangan sampai ketinggalan, see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *