Aplikasi Signal, Alternatif Hebat Pengganti WhatsApp

Aplikasi Signal

Hello sobat androidays.com dimana pun anda berada, semoga anda semua dalam keadaan sehat selalu dan dimudahkan segala urusan serta dilapangkan rezekinya. Pernahakah anda mendengar aplikasi Signal? ya aplikasi yang pada awal 2021 ini semakin meningkat popularitas dan semakin naik daun karena ulah pesaingnya yaitu WhaatsApp. WhatsApp mengumumkan rencana perubahan kebijakan privasi yang akan diterapkan pada tanggal 8 Februari 2021 justru memunculkan polemik di sebagian warganet di sejumlah negara termasuk Indonesia. Pasalnya, isi notifikasi itu memaksa pengguna untuk berbagai data dengan platform Facebook.

Perihal tersebut banyak pengguna berbondong-bondong mencari aplikasi alternatif pengganti WhatsApp dan salah satu aplikasi tersebut yaitu Signal. Namun sebelumnya aplikasi ini masih terdengar asing khususnya untuk masyarakat di Indonesia. Nah, melalui artikel ini admin akan membantu anda untuk setidaknya sedikit mengenal aplikasi ini lebih dalam. So, simak terus artikel berikut ini hingga usai.

Mengenal Aplikasi Signal

Aplikasi signal adalah salah satu aplikasi messenger yang digunakan untuk bertukar pesan. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Signal Foundation pada tahun 2010. Aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 500 juta pengguna. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna cukup mendaftarkan dengan nomor telepon pengguna. Untuk mendowload aplikasi signal bagi para pengguna android dapat didiwonload pada link dibawah ini :

Signal Private Messenger
Signal Private Messenger
  • Signal Private Messenger Screenshot
  • Signal Private Messenger Screenshot
  • Signal Private Messenger Screenshot
  • Signal Private Messenger Screenshot
  • Signal Private Messenger Screenshot

sedangkan untuk pengguna IOS bisa didownload pada link dibawah ini :

Untuk IOS silahkan download disini

Fitur-fitur

Ada banyak hal yang menarik dari aplikasi signal ini :

1. mendukung percakapan personal dan group

Aplikasi ini sangat mendukung untuk melakukan percakapan secara personal maupun group. Namun untuk melakukan percakapan secara group, signal tidak menyebutkan batasan jumlah anggota dalam group.

2. Mengunci aplikasi

Aplikasi ini memudahkan keamanan bagi para penggunanya, yaitu anda bisa mengunci aplikasi signal sehingga pesan tidak dapat terlihat oleh mereka yang sengaja akan membuka aplikasi ini dihandpone anda. Pengguna aplikasi ini juga bisa mengunci aplikasi ini dengan menggunakan screen lock android salah satunya menggunakan sidik jari.

3. Disappearing Messange

Aplikasi ini mempunyai kelebihan lain diantara aplikasi messenger lainya, yaitu aplikasi ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengahapus pesan secara otomatis dengan pilihan durasi mulai 5 detik hingga 1 minggu.

4. Bisa digunakan pada berbagai platform

Aplikasi ini sendiri bisa digunakan pada berbagai platform seperti Android, IOS, atau komputer menggunakan aplikasi web.

5. Mendukung Berbagai Pengiriman dan Penerimaan File

Seperti aplikasi messenger lainnya, para pengguna bisa mengirim berkas berupa foto, gambar, video maupun berkas berupa jenis file.

6. Mendukung Video Call dan Voice

Aplikasi ini sangat mendukung untuk melakukan penggilan suara dan video. selain itu, signal juga memudahkan penggunanya untuk melakukan telepon secara group.

Selain kelebihan dari signal, aplikasi signal juga memliki kekurangan yaitu tidak bisa melakukan video call secara bergroup, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan video call secara group dan aplikasi ini juga tidak bisa digunakan untuk screenshoot terhadap pesan untuk menjaga keamanan.

Keamanan pada Aplikasi Signal

Dikutip dari kompas.com, Enkripsi juga aktif secara default untuk semua jenis komunikasi. Perbedaannya, enkripsi Signal tidak sekadar di komunikasi penggunanya, melainkan juga di metadata. Dilaporkan Forbes yang membandingkan metadata dari beberapa aplikasi chatting, Signal tidak menghimpun data apa pun dari penggunanya, jauh berbeda dari metadata yang dihimpun WhatsApp dan Facebook Messenger. Baca juga: Mengenal Signal, Pesaing WhatsApp yang Diklaim Lebih Aman Demi menjaga privasi pengguna di semua lini, Signal menambah keamanan aplikasinya dengan fitur enkripsi yang lebih canggih, bernama Sealed Sender yang mencegah siapa pun, termasuk tim internal Signal, mengetahui siapa yang mengirim atau menerima pesan. Pengguna juga bisa mengaktifkan PIN dan biometrik, untuk mencegah tangan jahil membuka aplikasi ini.

Satu lagi fitur yang cukup penting, yakni opsi untuk mencegah chat di-screenshot. Ada pula fitur untuk memburamkan wajah secara otomatis sebelum dikirimkan. Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur incognito keyboard untuk mencegah machine learning mempelajari apa yang pernah Anda ketik. Tidak suka status online muncul? Signal menawarkan hal tersebut. Pengguna Signal bisa menyembunyikan status online mereka.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Al-Qur’an Terbaik Di Android 2021Kelebihan Telegram diandingkan dengan WhatsApp
Aplikasi Android Desain Logo Terbaik 20212 Cara Unreg Kartu XL Yang Sudah Diregistrasi Terbaru 2021

Kesimpulan

Setelah membaca artikel dengan judul Aplikasi Signal, Alternatif Hebat Pengganti WhatsApp diharapkan anda memiliki gambaran tentang aplikasi Signal. Selain itu juga akan menambah wawasan anda serta menambah alternatif pilihan jikalau pada akhirnya anda harus beralih dari WhatsApp ke aplikasi lain. Anda juga dapat menambah wawasan anda dengan membaca artikel 8 Aplikasi Chatting Terbaik dan Terpopuler, Selain WhatsApp .

Mungkin sekian pembahasan pada kali ini dan admin mohon maaf jika ada kesalahan kata dan kalimat pada artikel kali ini. Terimakasih sudah mengunjungi website kami, dan sekiranya dapat memberikan manfaat maka jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke saudara dan teman-teman anda. See you..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *