Apa itu aplikasi mobile? Aplikasi mobile adalah…

aplikasi mobile adalah

Hello, sobat androidays.com, semoga anda yang sedang membaca artikel ini selalu dalam keadaan sehat, selalu dimudahkan rezeki dan dilindungi dari segala macam bahaya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Dewasa ini anda pasti sudah tidak asing dengan aplikasi-aplikasi yang sering anda unduh dan anda instal di smartphone anda baik itu Android maupun IOS. Nah, aplikasi-aplikasi seperti Whatsapp, Telegram, Music Player, PDF Reader, Camscanner dan lain-lain merupakan satu kesatuan yang diberinama aplikasi mobile. Apakah anda ingin tahu apa itu aplikasi mobile, apa saja ketegorinya serta bagaimana cara membuatnya yuk mari kita simak ulasan dari androidays.com berikut ini.

Apa itu Aplikasi Mobile?

Aplikasi mobile (Mobile Apps) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh para pengembang(developer) yang dikhususkan untuk perangkat-perangkat pada ponsel seperti: Smartphone, Tablet, SmartWatch dan beberapa perangkat TV. Dalam dunia pemrograman sebenarnya ada beberapa kategori lain, seperti aplikasi desktop (Untuk PC) dan aplikasi web (aplikasi yang siakses melalui web browser). Semuanya dikembangkan dan dirancang menggunakan bahasa pemrograman yang dikombinasikan dengan algoritma untuk menjadi aplikasi yang bisa memahami perintah manusia sebagai pengguna.

Kelebihan Aplikasi Mobile

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi berbasis mobile ini dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop, diantaranya yaitu :
a. Aplikasi mobile bisa diakses melalui perangkat smartphone yang setiap hari bisa anda bawa kemanapun, kapanpun dan dimanapun.
b. Tidak terpaku pada internet seperti web, karena aplikasi mobile memungkinkan dikembangkan tanpa membutuhkan internet.
c. Memeiliki desain user interface yang menarik, indah dan elegan.
d. Mudah digunakan.
e. Memiliki peluang bisnis yang tinggi seiring pasatnya perkembangan smartphone di Indonesia maupun seluruh dunia.

Kategori-kategori Aplikasi Mobile

Supaya lebih mudah dalam membedakan jenis-jenis aplikasi mobile, admin sampaikan bahwa ada beberapa spesifikasi pengkategoriannya diantaranya:
a. Jejaring Sosial, merupakan aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh pengguna untuk bersosialisasi didalam dunia maya.
b. Kesehatan, merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk anda dalam rangka konsultasi, mencari solusi dan mengetahui seputar informasi kesehatan seperti penyebab
dan pencegahan suatu penyakit.
c. Komunikasi, merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk bertukar pesan dan berkomunikasi jarak jauh seperti panggilan suara ataupun panggilan video.
d. Berita, merupakan aplikasi yang memudahkan anda dalam memantau perkembangan kabar dari satu wilayah atau bahkan satu belahan dunia ke belahan dunia lainnya.
e. Pendidikan, merupakan aplikasi edukasi yang membantu pengguna untuk belajar suatu hal melalui software atau bergerak dibidang solusi untuk meningkatakan pendidikan dalam negeri.
f. Permainan, merupakan aplikasi khusus yang diciptakan untuk menghibur penggunanya dengan konsep bermain yang biasanya menyenangkan dan bahkan membuat ketagiahan. Selain itu, juga masih banyak lagi kategori lainnya yang dapat anda temui jika berkunjung ke Google Playstore maupun App Store.

Peluang Bisnis Pada Aplikasi Mobile

aplikasi mobile adalah bisnis

Aplikasi mobile memeiliki beberapa platform yang paling populer untuk saat ini adalah Android dan IOS. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini banyak sekali sektor bidang kehidupan yang membutuhkan aplikasi mobile untuk membantu aktivitas keseharian mereka baik dalam pendidikan, bisnis maupun memecahkan permasalahan-permasalahan kecil dalam kehidupan sehari hari. Bagi anda yang jago dalam mengembangkan aplikasi mobile maka ini adalah sebuah peluang untuk meraup pundu-pundi rupiah dari para stakeholder yang membutuhkan aplikasi yang berjalan pada smartphone sedangkan mereka tidak bisa mengembangkan aplikasi secara pribadi. Anda dapat menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile baik Android maupun IOS.

Nah, bagi anda yang tidak berlatar belakang sebagai programmer, anda juga bisa membuat aplikasi android misalnya tanpa menggunakan koding. Sebut saja aplikasi online bernama Andromo yang dapat membuat aplikasi dengan hanya drag and drop serta yang terpenting anda menyediakan asset untuk kepentingan warna, background dan logo. Kemudian anda bisa mengupload aplikasi tersebut di Google Playstore. Dengan dipasang iklan dari admob pada aplikasi anda maka anda memiliki kesempatan mendapatkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar dari aplikasi anda.

Perkembangan di Indonesia

Data Tren Internet dan Media sosial 2020 di Indonesia menurut Hootsuite, menujukkan angka yang dapat anda lihat dibawah ini.

pengguna internet di Indonesia

Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa :
Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta
Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta
Pengguna Internet: 175,4 juta
Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta

Data yang membuktikan bahwa hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki ponsel dan bahkan sebagian memiliki 2 atau lebih ponsel. Ini merupakan pasar bagi anda yang memiliki jiwa bisnis.

Artikel Menarik Lainnya
8 Aplikasi PDF Terbaik untuk Membaca PDF di AndroidDaftar Game Basket Android Terbaik Tahun Ini
 Aplikasi Office Android Terbaik 2021, Yuk CobainAplikasi Laundry Android Terbaik 2021

Kesimpulan

Banyak diantara kita tidak menyadari bahwa aplikasi-aplikasi yang anda gunakan adalah sebuah produk bagi manusia-manusia produktif dan kreatif yang jeli dalam melihat peluang dalam meraup keuntungan dengan menciptakan produk yang membantu anda memecahkan masalah kehidupan melalui teknologi khususnya aplikasi mobile. Bagi anda yang penasaran bagaimana membuat aplikasi android maka silahkan baca juga Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula. Serta ada juga tools yang anda manfaatkan untuk mengembangkan aplikasi ini seperti yang pernah admin bahas di Tools Untuk Membuat Aplikasi Android.

Mungkin sekian dahulu pembahasan admin mengenai Apa itu aplikasi mobile?. Semoga membarikan informasi bermanfaat untuk anda dan memberikan isnpirasi baru bagi anda dalam menjalani kehidupan ini. Apabila ada kesalahan kata dan kalimat admin mohon maaf sebesar-besarnya dan terimakasih atas kunjungan di situs kami androidays.com. Jangan lupa untuk membagikan informasi menarik ini kepada rekan, sahabat dan saudara anda jikalau dinilai memeiliki banyak manfaat. Oke, see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *