Aplikasi Aksara Jawa Terbaik 2020, Yuk Belajar

Aplikasi Aksara Jawa Terbaik

Aplikasi Aksara Jawa – Hello sobat Androidays.com, yang semoga selalu dalam keadaan sehat, aman, dilindungi dari segala macam bahaya dan penyakit serta selalu diberikan kemudahan rezeki. Bagi anda yang mungikin berasal dari Jawa mungkin sudah sehari-hari mengenyam pendidikan bahasa Jawa khusunya memabaca dan menulis aksara Jawa. Namun bagi masyarakat diluar Jawa mungkin aksara Jawa adalah sesuatu hal yang baru jika ingin mempelajarinya. Ya, aksara jawa itu mudah sebetulnya untuk dipelajari, namun jika tidak terbiasa menggunakannya maka akan sulit mengingat dan pada akhirnya lupa. Padahal aksara Jawa adalah salah satu budaya yang pantas untuk dilestarikan karena menjadi salah satu ciri khas masyarakat Jawa dan bahkan menjadi ikon Indonesia di mata dunia.

Bagi anda para generasi milenial sudah sepatutnya jangan meninggalkan sejarah yang patut untuk dilestarikan, baik anda suku jawa ataupun bukan. Selama anda adalah anak bangsa, sudah sewajibnya saling bergotong-royong untuk saling melestarikan budaya di setiap daerah dan bahkan daerah lain. Pada beberapa waktu lalu admin telah membahas aplikasi untuk mempelajarai bahasa Asing (Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Di Android Terbaik 2020) , sehingga tidak adil kalau admin gak bahas sastra lokal. Nah, pada artikel kali ini admin akan memberikan rekomendasi aplikasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik 2020 versi Android yang akan membantu anda dalam mempelajari dan menghafal aksara jawa. Yuk mari simak materi berikut ini.

Daftar Aplikasi Aksara Jawa Terbaik 2020

1. Aksara Jawa

Aplikasi Aksara Jawa Terbaik milik Hirson ini merupakan aplikasi yang dapat mengkonversi Latin menjadi Aksara Jawa dan sebaliknya. Aplikasi ini juga dirancang dapat mengkonversi dalam satu kata maupun dalam satu kalimat secara instan. Aksara Jawa dalam aplikasi ini diantaranya: Aksara Jawa dan pasangannya, Aksara Murda dan pasangannya, Aksara Swara, Aksara Rekaan, Aksara Wilangan dan Sandhangan. Aplikasi ini gratis untuk didownload di Google Playstore. Pada tipe Android versi 6.0 ke atas, aplikasi meminta izin mengakses penyimpanan media/storage agar dapat menyimpan aksara jawa sebagai gambar.

Aksara Jawa
Aksara Jawa
Developer: Hirson
Price: Free
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot
  • Aksara Jawa Screenshot

Aplikasi Aksara Jawa memiliki rating 4.2 di Google Playstore dan telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengunduh. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang relatif kecil yaitu cuma 2.5 Mb sehingga tidak perlu membutuhkan ruang memori yang cukup besar. Yuk coba download aplikasinya.

2. aksårå

aksårå adalah aplikasi transliterasi huruf latin ke aksara Indonesia dan sebaliknya, di aplikasi ini developer berusaha mengumpulkan seluruh aksara yang ada di Indonesia dan mencoba menggabungkan transliterasi yang sudah ada ke dalam aplikasi ini. Ada beberapa aksara yang didukung aplikasi ini diantaranya: AksaraBali, Aksara Batak Mandailing, Aksara Batak Simalungun, Aksara Jawa kuna, Aksara Jawa Modern, Aksara kawi, Aksara Lontara Bugis, Aksara Lontara Makasar, Aksara  Mbojo, Aksara Rejang dan Aksara Sunda. Kelemahan aplikasi ini yaitu transliterasi aplikasi ini belum 100% akurat.

aksårå
aksårå
Developer: Kampoeng Stoedio
Price: Free
  • aksårå Screenshot
  • aksårå Screenshot
  • aksårå Screenshot
  • aksårå Screenshot
  • aksårå Screenshot

Aplikasi bikinan dari Kampoeng Stoedio ini memiliki rating 4.0 dan telah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna. Ukuran aplikasi ini kurang lebih berukuran 8 Mb, namun jika dilihat dari banyaknya fitur aplikasi ukuran tersebut termasuk ukuran yang wajar.

3. Menulis Aksara Jawa Kuno

Menulis Aksara Jawa Kuno adalah aplikasi translasi seperti kamus bahasa inggris, dimana anda bisa menggunakan fitur Latin-Jawa atau Jawa-Latin. Pada aplikasi ini anda dapat menulis huruf latin untuk kemudian aplikasi akan menerjemahkan ke aksara jawa. Atau sebaliknya anda juga bisa menulis aksara jawa dengan keyboard aksara jawa yang telah disediakan oleh aplikasi ini kemudain diterjemahkan ke dalam akasara latin.

Menulis Aksara Jawa Kuno
Menulis Aksara Jawa Kuno
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot
  • Menulis Aksara Jawa Kuno Screenshot

Aplikasi milik Inter Insurance Dev ini memiliki rating yang cukup bagus yaitu 4.2 dan sudah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna di Google Playstore. Ukuran aplikasi ini tidaklah besar karena hanya berukuran 2.3 Mb sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang memori hp anda. Kelemahan aplikasi ini yaitu memiliki iklan didalamnya.

4. Hanacaraka

Hanacaraka adalah aplikasi untuk belajar aksara jawa yang dikembangkan oleh Muhammad Ridho Fikri. Aplikasi ini memiliki daftar aksara, cara tulis, cara pengucapan dan aturan-aturan aksara yang ada. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur latihan, evaluasi dan sharing ke jejaring sosial untuk menilai pemahaman pengguna dan menyearkannya di jejaring sosial. Aplikasi Hanacara memiliki rating 4.3 dan telah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna. Aplikasi ini memiliki ukuran 6.3 Mb, tidak terlalu besar menurut admin. Aplikasi ini cukup ringan dan tidak ada iklannya juga.

Hanacaraka
Hanacaraka
Price: To be announced
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot
  • Hanacaraka Screenshot

5. Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

Aplikasi ini dikembangkan oleh Muggle Dev. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menampilkan materi-materi tentang aksara jawa, meskipun tidak ada fitur transalasi dari latin ke aksara jawa atau sebaliknya. Anda dapat mempelajari dan menganal huruf aksara jawa melalui aplikasi ini. Beberapa materi yang ada pada aplikasi ini yaitu menampilkan huruf aksara jawa, pasangan dan sandhangan. Aplikasi ini memiliki rating 4.2 dan telah diunduh oleh lebih dari seribu pengguna. Aplikasi ini sangat ringan karena hanya memiliki ukuran sebesar 2.2 Mb.

6. Marbel Hanacaraka – Belajar Aksara Jawa

Aplikasi Marbel Hanacaraka adalah aplikasi berbentuk game edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar huruf jawa atau aksara jawa. Pada aplikasi ini dilengkapi dengan mode belajar dan mode bermain untuk melatih kemampuan anak menguasa aksara jawa lengkap dengan gambar dan suara. Beberapa fitur belajar yang ada aplikasi ini diantaranya: Belajar Aksara, Belajar Pasangan, Belajar Sandhangan, Belajar Sandhangan Penyigeg, Belajar Aksara Mandaswara dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga terdapat fitur bermain diantaranya: Puzzle Aksara, Tebak Aksara, Menulis Aksara dan Tebak Pasangan. Aplikasi ini sangat cocok bagi anak-anak karena game nya menarik dan interaktif sehinggan sangat mudah untuk diikuti dan dipahami. Aplikasi ini juga aman dari konten-konten yang tidak pantas bagi anak.

Aplikasi Marbel Hanacaraka memiliki rating 4.4 dan telah diunduh oleh lebih dari 50 ribu pengguna. Aplikasi ini dikembangkan oleh Educa Studio dan jika anda berminat mengunduh, anda hanya butuh free space memori sebesar 13 Mb. Tentu itu ukuran yang kecil bagi game yang sangat bagus dan memiliki banyak nilai positif ini. Aplikasi ini gratis namun memiliki iklan didalamnya. Apabila anda ingin menghapus iklan yang ada anda harus upgrade aplikasi ke versi lengkapnya.

7. Sinau Bahasa Jawa – Aksara Hanacaraka

Aplikasi Sinau Bahasa Jawa juga merupakan aplikasi game edukasi belajar aksara jawa. Pada aplikasi ini terdapat materi krama inggil dan tentunya materi belajar huruf aksara jawa. Aplikasi ini cukup menarik dan interaktif untuk digunakan belajar khusunya untuk anak-anak yang terkadang menyukai belajar namun sambil bermain. Pada aplikasi ini terdapat game berlavel yang akan menjadikan anda semakin tertantang untuk menyelesaikan stage demi stage dan menambah ilmu bahasa jawa anda melalui game ini.

Aplikasi ini memiliki rating 4.9 namun baru 100 pengguna yang mengunduh aplikasi ini karena termasuk aplikasi baru di Google Playstore. Aplikasi milik Surya Sena Studio ini memiliki ukuran 16 Mb. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah bisa diakses kapanpun dimanapun tanpa adanya koneksi internet.

Kesimpulan dan Penutup

Demikian 7 rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik 2020 versi admin dilihat dari rating dan ulasan yang ada di Google Playstore. Silahkan anda dapat mengunduh aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda masing-masing. Ada aplikasi yang simpel, lengkap dan ada pula yang berupa game edukasi. Terpenting, bagi kita semua mari turut melestarikan harta paling berharga negeri ini yaitu salah satunya belajar membaca dan menulis aksara jawa serta mengajarkannya kepada
genarasi penerus kita.

Artikel Menarik Lainnya
Aplikasi Cek Ongkir Terbaik dan Terpopuler8 Aplikasi Live Streaming Bola Gratis Terpopuler
Cara Upgrade OVO Premier 2020Aplikasi E-Money Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Mungkin cukup sekian untuk materi tentang Aplikasi Aksara Jawa Tebaik yang dapat admin sampaikan kepada sobat Androidays.com dimanapun anda berada. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa kinjungi selalu Androidays.com untuk informasi seputar dunia teknologi saat ini dan tantu banyak info-info bermanfaat bagi anda, InsyaAllah. Sekian, apabila ada yang salah dari kata dan kalimat saya mohon maaf dan terimakasih atas kunjungannya. See you.

Source Main Image : Google Playstore (Marbel Hanacaraka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *