Apa itu Java? Mari simak ulasannya

apa itu java

Apa itu Java? – Hello guys, sobat androidays.com kembali lagi untuk membahas materi programming. Masih seputar materi untuk menambah wawasan kalian yang ingin tahu Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula, maka jangan malas untuk terus mencari referinsi materi sebagai dasar. Kali ini kita akan membahas apa itu Java?, berikut kita akan mengulasnya. Nah sebelum kita mengulas lebih lanjut, tentu jangan lupa baca doa dulu agar ilmu yang akan diserap menjadi ilmu yang bermanfaat.

Apa itu Java?

Hmm apa itu Java? ya, Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat aplikasi digital. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Bahasa pemrograman java dapat dijalankan di komputer atau pun telpon genggam. Sebagai contoh di komputer kita dapat mengembangakan aplikasi desktop menggunakan Netbeans IDE.

Java saat ini banyak digunakan oleh para programmer dalam dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Penggunaan Java dalam pengembangan aplikasi Android merupakan yang terbesar saat ini. Pada tahun 2019 berdasarkan https://insights.stackoverflow.com/survey/2019 Java menempati peringkat 5 sebagai “Most Popular Technology/Teknologi paling populer”. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

Untuk memulai bahasa pemrograman Java memerlukan beberapa software pendukung yaitu adalah JDK dan juga JRE. JDK (Java Development Kit) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dibaca dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). Sedangkan JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE minimal harus sama atau bahkan lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi java. Oleh karena itu, kita akan sampai pada materi untuk menginstall JDK Dan JRE, sebagai pondasi untuk menjalankan IDE seperti Netbeans, Eclipse atau pun Android Studio.

Kelebihan dan Kekurangan Java

Bahasa pemrograman Java memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan

  1. Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Program berbasis java dapat dikerjakan di atas operating system Linux kemudian dapat dijalankan dengan di atas Microsoft Windows. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan keunggulan multi platform. Hal tersebut karena dapat membantu perusahaan dalam merekrut sumber daya manusia (SDM). Memiliki SDM yang memiliki kemampuan multiplatform maka dapat menghemat biaya gaji dari karyawan karena satu pemrogram dapat membuat 2 atau lebih platform sekaligus.
  2. OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek), Java merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan konsep OOP. Dimana program yang dibangun berorientasikan kepada Object. Aplikasi yang dibangun dengan konsep OOP akan memberikan manfaat kepada para pengembangnya. Hal tersebut karena konsep OOP memudahkan dalam mengatasi problem solving, karena setiap projek bersifat modular yaitu memecah bagian utama menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri. Sehingga ketika terjadi masalah kita bisa menganalisis dari satu bagian kebagian yang lain.
  3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan perpustakaan yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi. Sebagai bahasa yang memiliki komunitas terbesar di dunia tidak sulit bagi java untuk mendapatkan dukungan yang terus menerus semakin membuat java semakin kompleks dan kaya akan fitur serta fungsi.
  4. Hampir mirip dengan bahsa C++, siapa yang tak belajar C++?, hampir semua pemrograman dasar dimulai dari bahasa C++. Tentu untuk memperdalam algoritma banyak seorang pemrogram memulai belajar pondasi programmingnya dari belajar C++. Gaya bahasa Java yang menyerupai C++, membuat banyak para programmer C++ tidak mengalami kesulitan ketika beralih ke Java. Hal ini yang membuat Java memiliki komunitas yang besar karena banyak yang beralih dari C++ ke Java.

Kekurangan

  1. Tulis sekali, jalankan di mana saja, masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Pada prinsipnya setiap platform memiliki pengembangnya masing-masing, dan masing-masing pengembang pasti fokus dan memilki resep unggulnya masing-masing.
  2. Mudah didekompilasi, Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Hal ini akan sangat rawan dengan pembajakan dan penggaandaan projek. Algoritma dari aplikasi akan sangat mudah dicuri dan dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis yang lebih luas dan menguntungkan daripada si pembuat.
  3. Penggunaan memori yang banyak, penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal. Dukungan User Inteface yang semakin friendly di imbangi dengan kapasitas memori yang dibutuhkan, apalagi untuk keperluan pengembangan aplikasi untuk Android. Spesifikasi memory yang besar sangat diperlukan untuk memperlancar proses build dan running aplikasi.

Java untuk Aplikasi Android

java android
java android

Sebelum Kotlin muncul, Java adalah rajanya bahasa native di pemrograman Android. Java didukung penuh oleh Google dalam setiap pengembangan aplikasi-aplikasi Android yang memenuhi Google Playstore. Dukungan konsep OOP yang dimiliki Java membuat para pemrogram Android mudah untuk mengombinasikannya dengan konsep penulisan sebuah block program seperti MVP, MVC atau MVVM. Hingga saat ini Java masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh Google untuk mengembangakan aplikasi android selain dari bahasa pemrograman Kotlin. IDE resmi yang digunakan untuk membangun aplikasi android dengan Java adalah Android Studio.

Artikel Menarik Lainnya
Kotlin vs Java: Mana yang lebih baik ya?Cara Internetan GratisPaket Internet 3 Unlimited Murah Terbaru 2020
Harga Samsung Galaxy A71 5G dan Spesifikasi Terbaru 2020 Aplikasi Baca Berita

So, guys jangan pernah malas untuk membaca dan menambah ilmu pengetahuan di dunia pemrograman, karena itu salah satu langkah awal tentang Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula. Bagi kalian yang masih bingung mau pilih Java atau kotlin, jangan lupa simak di artikel kami yang berjudul Kotlin vs Java: Mana yang lebih baik ya?. Oke sobat androidays.com mungkin sekian dulu ya pembahasan mengenai apa itu Java?, semoga dapat menambah referinsi belajar kalian semua. Tetap tunggu materi update dari kami ya, see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *