Apa itu Flutter? Flutter Adalah Satu Yang Wajib Anda Tahu

Flutter Adalah

Sobat androidays.com dimana pun anda berada saat ini semoga anda selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan dimudahkan segala rezekinya serta dijauhkan dari mala petaka dan bahaya. Sobat androidays.com cabang programming, kali ini admin hadir dengan tema spesial dan menarik untuk anda ikuti hingga akhir. Sobat, mungkin sebagian diantara anda sudah pernah mendengar tentang teknologi terbaru miliki Google yang bernama Flutter. Nah bagi anda yang baru mendengar istilah
Flutter maka jangan khawatir, karena dengan membaca artikel ini maka anda sudah dijalan yang benar hehe. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang apa itu Flutter dan mengenal lebih dalam teknologi yang satu ini. Yuk simak materi berikut ini, karena Flutter adalah satu yang wajib anda tahu.

Apa itu Flutter?

Flutter adalah teknologi milik Google untuk membangun aplikasi dengan tampilan UI yang begitu mempesona (terpesona aku terpesona), serta dapat di-compile secara native ke dalam aplikasi mobile, web, dan desktop hanya dari satu basis kode. Flutter ini sebenernya juga semacama framework yang disusun menggunakan bahasa Dart yang juga merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google selain juga bahasa GO yang saat ini sedang naik daun.

Pada awalnya Flutter ini dikenal dengan nama Sky. Kemudian pada tahun 2015, Flutter pertama kali diperkenalkan pada acara Dart Developer Summit 2015. Pada tanggal 4 Desember 2018, Google merilis Flutter 1.0 di acara Flutter Live Event. Hal ini juga menandai rilisnya versi stabil pertama dari Flutter. Selanjutnya Flutter 1.12 dirilis di acara Flutter Interact yang diadakan pada tanggal 11 Desember 2019. Pada versi ini, versi beta Flutter untuk web juga diperkenalkan ke publik.

Perusahaan besar dunia yang telah menggunakan Flutter untuk mengembangkan produk-produk mereka yaitu Google(sebagai pengembang utama), Alibaba, BMW, Tencent, Grab dan masih banyak lagi.

Kelebihan Flutter

1. Flutter Merupakan Teknologi Cross Platform

CrossPlatform

Flutter dapat dimanfaatkan untuk pengembangan aplikasi Cross Platform yang bisa dijalankan dan dibuild di beberapa platform yang berbeda. Pada pengembangan aplikasi mobile anda bisa membuild aplikasi Android dan IOS sekaligus. Selain itu, anda juga dapat mengembangkan aplikasi web dan desktop dalam sekali waktu. Hal ini merupakan sauatu keuntungan bagi sang developer karena akan sangat menghemat waktu dan tenaga, namun meningkatkan nilai produktivitas kerja. Developer pun tidak perlu repot mempelajari semua bahasa untuk membuat beberapa aplikasi untuk kebutuhan platform yang berbeda.

2. Hot Reload

Flutter is FasterFitur Hot Reload adalah fitur yang sangat disukai oleh para pengembang karena selain menghasilkan output yang produktif, Flutter pun mendukung para pengembang meningkatkan proses kerja yang produktif pula. Serupa dengan web yang ketika ada perubahan anda bisa malekukan save kemudian refresh halaman maka tampilan akan berubah. Hal ini dapat anda lakukan di Flutter yang berjalan pada emulator, setelah melakukan perubahan pada kode program, cukup tekan hot reload. Aplikasi akan diperbarui dalam kurun waktu kurang dari 1 detik.

3. Expressive UI and Beautiful UI

Flutter Adalah Beautiful UI

Sesuai salah satu slogan milik Flutter itu sendiri “Design Beautiful Apps” menandakan bahwa Flutter memiliki dukungan penuh terhadap pengembangan aplikasi dengan desain yang elegan. Keseluruhan UI pada Flutter dibangun menggunakan widget. Sebagai contoh, jika kita menambahkan sebuah text field, text field tersebut adalah widget. Begitupun jika anda menambahkan komponen-komponen lain dan mengatur komponen tersebut maka akan menggunakan widget. Terdapat 2 set widget, Material Design (Android) dan Cupertino (iOS). Hal tersebut menunjukkan bahwa Flutter begitu serius mendukung pengembangan aplikasi mobile baik di Android maupun IOS.

4. Dukungan Komunitas yang Semakin Berkembang

Flutter hari ini semakin didukung oleh banyak komunitas dari kalangan developer yang berdiskusi tentang bug dan fitur-fitur baru yang akan dapat dikembangkan. Komunitas Flutter menjadi salah satu komunitas dengan pertumbuhan yang begitu cepat hampir di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Salah satu komunitas yang dapat anda akses yaitu grup Flutter Indonesia yang memanfaatkan aplikasi Telegram sebagai tempat untuk sharing dan diskusi.

5. Performa Native Yang Mumpuni

Productive

Aplikasi yang dibangun dengan Flutter memiliki performa native yang tinggi, baik di Android maupun iOS.

Artikel Menarik Lainnya
Apa itu Java? Mari simak ulasannyaKotlin vs Java: Mana yang lebih baik ya?
Cara Install JDK (Java Development Kit) Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Android

Kesimpulan

Sobat, sekarang sudah ada gambaran bukan? tentang apa itu Flutter. Flutter adalah salah satu terobosan baru dari Google untuk menciptakan teknologi crossplatform dengan performa yang tinggi. Flutter adalah salah satu solusi bagi anda untuk tidak harus mengusai banyak bahasa untuk mengembangkan berbagai aplikasi berbeda platform. Flutter dipediksi akan menjadi primadona dimasa depan yang akan semakin diminati oleh para pengembang di masa depan.

Nah, sobat androidays.com berikut adalah pembahasan dari admin mengenai artikel dengan judul Apa itu Flutter? Flutter Adalah Satu Yang Wajib Anda Tahu. Semoga anda benar-benar tambah tahu dan tambah ilmu pengetahuan khususnya tentang Flutter. Admin juga mohon maaf jika dalam penyampaian materi ini banyak tulisan kata dan kalimat yang salah, kurang tepat dan masih kurang sempurna mohon dimaklumi. Atas kunjungan dan perhatiannya admin ucapkan Terimakasih dan jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. See you…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *